Analisis Penerimaan Teknologi Smartwatch Sebagai Penunjang Kesehatan (Pemantauan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh) Pada Konsumen Indonesia

Ahmadev, Haggi Emier (2021) Analisis Penerimaan Teknologi Smartwatch Sebagai Penunjang Kesehatan (Pemantauan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh) Pada Konsumen Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000090-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411640000090-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 March 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Smartwatch merupakan sebuah wearable device yang telah dikomersilkan kepada seluruh konsumen secara global. Salah satu kelebihan yang ada pada smartwatch merupakan terdapatnya sensor di dalamnya yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pemantau kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Pada wilayah Indonesia, sejauh ini belum ada penelitian yang mempelajari niat konsumen dalam menggunakan smartwatch sebagai pemantau kesehatan dan kebugaran pribadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan smartwatch sebagai pemantau kesehatan dan kebugaran tubuh. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dengan tambahan faktor estetika (Aesthetics) dan variabel dari threat appraisals, yaitu perceived vulnerabillty (VUL) dan perceived severity (PS) sebagai variabel yang memoderasi variabel UTAUT2 dengan Behavioral Intention (BI). Data diambil melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen di Indonesia. Sebanyak 206 data didapatkan dan dilanjutkan kepada pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan uji yang telah dilakukan, empat variabel yang berpengaruh positif terhadap BI adalah performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), hedonic motivation (HM), dan aesthetics (AES). Sementara, VUL dan PS tidak memoderasi hubungan positif antara ketujuh variabel independen dengan BI.

==================================================================================================

Smartwatch is on of the wearable device that has been commercialized to consumers globally. One of the advantages of a smartwatch is that it has a sensor that allows to track health and fitness. In Indonesia, so far there has been no research that studies consumer intentions in using smartwaches as personal health and fitness tracker. Therefore, this study aims to determine the factors that influence consumers in using a smartwatch as a health and fitness tracker. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) with an additional Aesthetic variable and two variables from threat appraisals, namely perceived vulnerability and perceived severity as variables that moderate the UTAUT2 variables with Behavioral Intention. The data was taken from questionnaries distributed to consumers in Indonesia. A total of 206 data were obtained and continued to processing using Structural Equation Modelling (SEM). Based on the tests that have been done, four variables that have positive effect on BI are performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), hedonic motivation (HM) and aesthetics (AES). Meanwhile, VUL and PS didn’t moderate the positive relationship between the seven indepent variables and BI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wearable, smartwatch, UTAUT2, pemantauan kesehatan dan kebugaran, aesthetics, threat appraisals, Structural Equation Modelling (SEM), health and fitness tracker
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haggi Emier Ahmadev
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:33
Last Modified: 03 Mar 2021 05:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/83273

Actions (login required)

View Item View Item