Widyadhini, Anindya Hayu (2021) Implementasi Market Basket Analysis Terhadap Strategi Pemasaran Pupuk Tanaman Pangan dan Hortikultura: Studi Kasus PT. Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
09111740000100-Undergraduate_Thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan pupuk di Indonesia yang sebagian besar penjualan masih mengandalkan sektor pupuk subsidi. Namun, pada tahun 2019, pemerintah mulai mengurangi alokasi pupuk subsidi sehingga PT Petrokimia Gresik harus mempersiapkan strategi pemasaran baru untuk meningkatkan penjualan pupuk non-subsidi. Melihat kebutuhan pupuk yang beraneka ragam di Indonesia, maka salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah menganalisis pola pembelian pelanggan dengan metode Market Basket Analysis (MBA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis pupuk apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh petani sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi perusahaan mengenai kombinasi pupuk yang difokuskan untuk pengembangan pasar pupuk non-subsidi melalui strategi STP dan marketing mix. Dalam hal ini berfokus pada pupuk untuk tanaman yang bernilai tinggi, yaitu pupuk tanaman pangan dan hortikultura. Analisis 4C-Diamond dilakukan sebagai dasar perumusan strategi STP dan marketing mix. Metode yang digunakan untuk perolehan data adalah secara daring dengan melakukan in-depth semi-structured interview dan akses data internal perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu MBA atau association rule mining, analisis cluster dan crosstab, serta analisis data kualitatif. Hasil MBA mengungkapkan kombinasi pupuk yang dibeli secara bersamaan oleh petani yaitu Urea, NPK Phonska, dan Petroganik. Hasil analisis cluster dan crosstab membagi pelanggan pupuk subsidi menjadi 3 segmen dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan usia, pendidikan terakhir, provinsi, dan komoditas yang ditanam. Hasil analisis data kualitatif menjabarkan analisis 4C-Diamond serta penentuan strategi STP dan marketing mix pada kombinasi pupuk hasil MBA. Dari hasil keseluruhan analisis, terdapat implikasi manajerial yang dapat diimplementasikan PT Petrokimia Gresik dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan pupuk non-subsidi Urea Petro, NPK Phonska Plus, dan Petroganik, yaitu menetapkan harga pupuk yang kompetitif, meningkatkan kapasitas produksi dan target penjualan, memilih distributor yang potensial dan penyedia bahan baku yang paling kompetitif, menata layout produk, dan product bundling.
===========================================================================================
PT Petrokimia Gresik is one of the fertilizer companies in Indonesia, where most of the sales still rely on the subsidized fertilizer sector. However, in 2019, the government began to reduce the allocation of subsidized fertilizers. With these problems, PT Petrokimia Gresik must prepare a new marketing strategy to increase sales of non-subsidized fertilizers. Seeing the diverse needs of fertilizers in Indonesia, one strategy that can be done is to analyze customer buying patterns using the Market Basket Analysis (MBA) method. This study aims to analyze what types of fertilizers are bought simultaneously by farmers so that they can become recommendations for the company regarding fertilizer combinations that are focused on developing the non-subsidized fertilizer market through the STP strategy and marketing mix. In this case, the focus is on fertilizers for high value crops, namely food crop fertilizers and horticulture. The 4C-Diamond analysis was carried out as the basis for the formulation of the STP strategy and marketing mix. The method used for collecting data is online by conducting in-depth semi-structured interviews and accessing internal company data. The analytical method used is MBA or association rule mining, cluster and crosstab analysis, and qualitative data analysis. The MBA results revealed the combination of fertilizers that were bought simultaneously by farmers, namely Urea, NPK Phonska, and Petroganik. The results of the cluster and crosstab analysis divided the subsidized fertilizer customers into 3 segments with different characteristics based on age, latest education, province, and commodity planted. From the results of the overall analysis, there are managerial implications that can be implemented by PT Petrokimia Gresik with the aim of increasing sales of non-subsidized fertilizers Urea Petro, NPK Phonska Plus, and Petroganik, by setting competitive fertilizer prices, increasing production capacity and sales targets, selecting potential distributors and competitive raw material providers, product layout, and product bundling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market Basket Analysis, Pupuk Subsidi, Analisis 4C-Diamond, Strategi STP, Marketing Mix |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Anindya Hayu Widyadhini |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 05:51 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 05:52 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/83275 |
Actions (login required)
View Item |