Azizah, Aulia (2021) Pengembangan Model Bisnis Pada Unit Bisnis Sosial PT XYZ Menggunakan Business Model Canvas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111540000086-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan bisnis merupakan salah satu hal yang krusial untuk setiap perusahaan dalam upaya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pasar dan mempertahankan eksistensinya, tidak terkecuali untuk PT XYZ. PT XYZ merupakan startup di bidang agritech yang telah bergerak selama empat tahun ini. PT XYZ mencoba untuk melebarkan sayap bisnis ke dunia sosial dengan meluncurkan sebuah crowdfunding berbasis donasi. Dunia amal di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama satu dekade terakhir. Hal ini ditangkap oleh PT XYZ sebagai peluang bisnis sekaligus menjadi solusi permasalahan sosial yang ada dalam kedaulatan pangan Indonesia. Namun, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa bisnis baru rentan untuk mengalami kegagalan dengan kurangnya perencanaan dan tidak adanya riset pasar awal. Untuk mengurangi risiko kegagalan tersebut, penelitian ini digagas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model bisnis yang sedang dijalankan oleh unit crowdfunding berbasis donasi yang ada pada PT XYZ dan mengembangkan model bisnis tersebut sebagai bagian dari perencanaan bisnis. Penelitian ini adalah riset ekploratori dan merupakan penelitian kualitatif. Pengolahan data dilakukan dengan mengacu pada literature textbook dan penelitian terdahulu dengan beberapa alat yaitu triple bottom line Business Model Canvas (BMC), analisis STP (segmenting, targeting positioning), serta bauran pemasaran 7P (price, place, promotion, product, process, physical evidence, people). Hasil penelitian menunjukkan Unit bisnis sosial PT XYZ sebagai platform digital belum memaksimalkan potensinya dalam dunia digital. Peneliti melakukan pemetaan ulang BMC pada hampir semua blok kecuali value proposition dan social and environmental costs. Segmen pelanggan untuk donor diperluas ke wilayah urban sedangkan untuk penerima manfaat di wilayah rural Indonesia, serta mentargetkan pelanggan B2B. Pemetaan customer segment ini mempengaruhi blok lain dalam BMC, seperti mendapat aliran dana tambahan, dan adanya channel serta cara customer relationship yang baru untuk mempertahankan customer segment. Pada kanvas bagian kiri, key activities mendapat tambahan pengembangan platform karena platform merupakan kunci dari bisnis multisided. Pemetaaan customer segment yang baru juga memungkinkan adanya dampak positif secara lingkungan sosial yaitu mengurangi kesenjangan ekonomi. Peneliti juga menjabarkan strategi STP dan marketing mix 7P. Penelitian ini dapat digunakan oleh unit bisnis PT XYZ sebagai referensi untuk mengembangkan model bisnisnya.
=======================================================================================================
Business development is undeniably important for every corporation in order to fit in the market and maintain its existence, the same goes for XYZ Inc. This corporation is a startup that has been in agritech for the last four years. XYZ Inc. try to widen its business to social matter by launching a donation-based crowdfunding. The world of charity in Indonesia has significantly increased for the last decade. Thus, XYZ Inc. see this as a business opportunity and as a solution for social problems in Indonesia’s food sovereignity. Previous studies shows that startups are more likely to collaps due to lack of planning and no market research conducted. To lower the risk mentioned, this research was initiated. This research aims to understand the ongoing business model run by donation-based crowdfunding in XYZ Inc. and to develop the business model as a part of planning. This research is an exploratory and also a qualitative research. Data processing is carried out by referring to literature textbook and previous research with several tools, namely Triple Bottom Line Business Model Canvas (BMC), STP analysis (segmenting, targeting,xpositioning), andxMarketing Mix 7P (price, place, promotion, product, process, physical evidence, people). Result shows that as a digital platform, XYZ INC.’S Social Business Unit hasn’t fully reach its potential in the digital world. Researcher remapped its BMC in almost every block except Value Proposition and Social and Environmental Costs. Customer Segment block was remapped and aims new market of B2B and widen its area to urban area for donor segments and rural area for beneficieries. This remapping affects other blocks on the BMC, for instance new revenue streams, new channel and customer relationships to maintain the customer segment. On the left side of the canvas, new key activities should include platform management and development because platform is key element of multi-sided business. The remapping of the customer segment also affects the social and environmental benefits which is to reduce economic gap. STP Strategy and Marketing Mix 7P are also explained in this research. Results from this study can be used by the social business unit as a reference to develop its business model.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas, Bisnis Sosial, Pengembangan Bisnis, Social Business, Business Development |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.5 New business enterprises. Business incubators. H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aulia Azizah |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 03:40 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/85372 |
Actions (login required)
View Item |