PERENCANAAN ULANG SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK UNTUK MESIN SHAPER WOOD DI PT. ANEKA TIMBER & FURNITURE-GRESIK

Hardiana, Noviolyta Putri (2021) PERENCANAAN ULANG SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK UNTUK MESIN SHAPER WOOD DI PT. ANEKA TIMBER & FURNITURE-GRESIK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211710010010-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf] Text
10211710010010-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 10211710010010-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf] Text
10211710010010-Undergraduate_Thesis for D4 Program.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT Aneka Timber & Furniture ialah perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan kayu yang berorientasi pada ekspor import. Dalam proses produksinya menggunakan berbagai alat pengolahan kayu, salah satunya ialah mesin shaper wood. Mesin shaper wood berfungsi untuk membuat profil pada potongan kayu agar kayu dapat dijadikan satu dengan kayu yang lain. Pada mesin shaper wood terdapat 9 silinder pneumatik. 3 silinder pneumatik sebagai feeder, 4 silinder pneumatik sebagai clamp, 2 silinder sebagai penarik/pendorong meja conveyor. Mesin shaper wood yang ada di PT Aneka Timber & Furniture masih ada yang menggunakan tenaga manusia. Oleh karena itu, penulis memilih topik ini dengan tujuan merancang ulang mesin shaper wood dengan sistem kontrol elektropneumatik seluruhnya tanpa ada bantuan manusia.
Dalam perencanaan ulang mesin shaper wood perlu dilaksanakan pengambilan data agar dapat dengan mudah dalam proses perancangan. Terdapat studi literatur yang dilakukan untuk memperoleh referensi teori dan juga terdapat observasi lapangan yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada objek. Selanjutnya terdapat tahap pengumpulan data, dimana terdapat data spesifikasi antara lain diameter silinder, diameter rod, panjang stroke serta timing saat silinder bergerak. Lalu terdapat tahap pengolahan data dimana ada perancangan diagram notasi, pembuatan displacement step diagram, perancangan sirkuit listrik elektropneumatik, dan running simulasi. Setelah simulasi memenuhi fungsi, maka langsung kepembuatan laporan.
Pada mesin shaper wood, operator hanya meletakan kayu untuk di buat profil dengan cara tombol pengoprasian ditekan dengan pengamanan push button emergency sebagai protector operator pada rangka mesin. Silinder akan bergerak karena adanya sensor proximity switch dan sensor reed switch magnetic yang terdapat ditiap silinder. Mesin shaper wood kayu dibuat dengan menggunakan software fluidsim dimana terdapat langkah-langkah cara perencaannya. Mesin shaper wood kayu semi otomatis dengan menggunakan sistem electro-pneumatik ini dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas industri.
=====================================================================================================

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: elektro-pneumatik, kayu, mesin shaper wood , proximity sensor, silinder pneumatik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ219 Pneumatic control systems
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Noviolyta Putri Hardiana
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:23
Last Modified: 13 Aug 2021 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/86009

Actions (login required)

View Item View Item