Amellia, Raisya Pasha (2021) Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Cigatas Seksi I Segmen Gedebage - Nagreg dengan Menggunakan Perkerasan Kaku. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111740000121-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (40MB) | Preview |
Preview |
Text
03111740000121-Undergraduate_Thesis.pdf Download (40MB) | Preview |
Preview |
Text
03111740000121-Undergraduate_Thesis.pdf Download (40MB) | Preview |
Abstract
Jalan tol merupakan prasarana perhubungan darat yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan sosial di suatu daerah. Dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan tol dapat meningkatkan perekonomian dan juga mobilitas masyarakat di suatu daerah. Pada perancangan Tugas Akhir ini, mengambil lokasi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yaitu Jalan Tol Cigatas. Jalan Tol Cigatas memiliki panjang total sekitar 206,65 km dan dibagi menjadi 4 seksi. Lokasi yang akan ditinjau adalah ruas Jalan Gedebage, Kota Bandung hingga Kabupaten Nagreg. Dalam perancangan geometrik dan perkerasan kaku jalan berpedoman pada Peraturan Bina Marga untuk Perencanaan Geometrik Jalan Bebas Hambatan No. 07/BM/2009, Manual Desain Perkerasan Jalan Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga (MDP) tahun 2017, Perencanaan Perkerasan Beton Semen tahun 2004, dan AASTHO tahun 2004. Selain itu, untuk perancangan dimensi tipikal saluran drainase dan anggaran biaya berpedoman pada Pedoman Perencanaan Drainase Jalan tahun 2006 dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) tahun 2020. Metodologi perancangan Tugas Akhir ini adalah, dalam pemilihan trase alternatif menggunakan Metode Multi Criteria Analysis sebagai acuan dengan beberapa kriteria dan pembobotan nilai, agar trase alternatif yang terpilih menjadi trase rencana. Selain, itu untuk perancangan geometrik dan perkerasan jalan menggunakan Software Auto Cad, Global Mapper, dan Civil 3D agar menghasilkan trase rencana yang baik. Hasil dari perancangan jalan tol ini adalah, didapatkan panjang jalan sebesar 21,048 km dengan jumlah tikungan sebanyak 10 PI dan lengkung vertikal sebanyak 10 PVI. Tebal perkerasan kaku yang direncanakan sebesar 305 mm untuk badan jalan dan 285 mm untuk bahu jalan dengan lapisan beton kurus (LMC) 100 mm, lapisan drainase 150 mm, dan lapisan stabilisasi semen 300 mm. Selain itu, pada volume galian yang dihasilkan sebesar 4.314.814,26 m3 dan volume timbunan yang dihasilkan sebesar 6.025.276 m3 . Total anggaran biaya pada perancangan jalan tol ini adalah sebesar Rp 3.969.040.499.723,-. ==================================================================================================
Toll roads are transportation facilities that have an important role in economic and social growth in an area. With the development of toll road infrastructure, it can improve the economy and also the mobility of people in an area. The Trans Java Toll Road is one of the government's efforts to increase mobility in this country. The Cigatas Toll Road has a total length of about 206,65 km and is divided into 4 sections. The location to be reviewed is the section I from Gedebage in Bandung City to Nagreg Regency. In planning the geometric and rigid pavement of this road, it is guided by Peraturan Bina Marga untuk Perencanaan Geometrik Jalan Bebas Hambatan No. 07/BM/2009, Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017, Perencanaan Perkerasan Beton Semen 2004, and AASTHO 2004. For planning the dimensions of drainage channel and budget plan, it is guided by Pedoman Perencanaan Drainase Jalan tahun 2006 and Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) 2020. This toll road design methodology is, in planning the selection of alternative routes using the Multi Criteria Analys Method as a reference with several criteria and weighting values, so that the selecterd alternative route becomes the planning route for this toll road. In addition, for geometric planning and pavement using Auto Cad Software, Global Mapper, and Civil 3D in order to produce a good plan trace. From the results of this toll road planning, the length of the road is 21,048 kilometers with the number of bends of 10 PI's and 10 vertical curves of PVI. Rigid pavement layer thickness was obtained 305 mm on the main road and 285 mm on the shoulder with additional layer on both of them namely 100 mm lean mix concrete layer, 150 mm drainage layer and 300 mm cement layer. The result of excavation volume is 4.314.814,26 m3 and the result of fill volume is 6.025.276 m3 . The total budget for material construction of this toll road is Rp 3.969.040.499.723,-.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometrik jalan, jalan tol, perkerasan kaku, RAB, drainase, toll road, geometric, rigid pavement, drainage, BOQ. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Raisya Pasha Amellia |
Date Deposited: | 15 Aug 2021 06:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/86778 |
Actions (login required)
View Item |