Hervit Ananta Vidada, Hervit (2021) Prediksi Tingkat Kesulitan Kompetensi Berdasar Kemampuan Siswa Menggunakan Regresi Linear. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
07111750050002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (24MB) |
Abstract
Mengetahui tingkat kesulitan kompetensi merupakan fokus penting untuk menyusun soal ujian yang tepat. Namun pada umumnya soal ujian disusun dengan asumsi kemampuan siswa adalah sama dan persepsi tingkat kesulitan kompetensi berdasar guru pengajar maka hasil belajar yang didapatkan tidak menggambarkan kemampuan siswa sebenarnya. Penelitian ini fokus pada prediksi tingkat kesulitan kompetensi mata pelajaran matematika sekolah dasar. Data didapatkan dari 400 soal ujian dengan 8 kompetensi yang dikerjakan oleh 23 siswa dan data persepsi tingkat kesulitan kompetensi berdasar guru. Kategori kemampuan siswa dikelompokkan menjadi 3 yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Kesulitan kompetensi dikelompokkan dalam sulit, sedang, dan mudah berdasarkan kemampuan siswa dan persepsi tingkat kesulitan dari 5 guru kelas yang berbeda. Studi kami menggunakan metode regresi linear dan mendapatkan hasil bobot tingkat kesulitan kompetensi berdasar kemampuan siswa adalah sebagai berikut, kompetensi operasi hitung adalah 0,1174, kompetensi KPK dan FPB adalah 0,1241, kompetensi pangkat adalah 0,1277, kompetensi pecahan adalah 0,1287, kompetensi satuan ukur adalah 0,1263, kompetensi bangun datar adalah 0,1274, kompetensi bangun ruang adalah 0,1186, dan kompetensi statistik adalah 0,1299.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) > T57.74 Linear programming |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Hervit Ananta Vidada |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 09:35 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 09:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/87164 |
Actions (login required)
View Item |