PERANCANGAN TRANSDUSER OPTIK PADA PERALATAN TERPAKAI (WEARABLE DEVICE) UNTUK APLIKASI DETEKSI KADAR GLUKOSA PADA KERINGAT

Briliana, Viona Hazar (2021) PERANCANGAN TRANSDUSER OPTIK PADA PERALATAN TERPAKAI (WEARABLE DEVICE) UNTUK APLIKASI DETEKSI KADAR GLUKOSA PADA KERINGAT. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of BUKU TESIS VIONA HAZAR.pdf] Text
BUKU TESIS VIONA HAZAR.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, penggunaan wearable device mulai berkembang pesat dengan berbagai jenis aplikasinya, misalnya untuk mendeteksi bioanalit seperti keringat atau darah. Salah satu metode untuk mengamati sifat bahan pada wearable device adalah dengan menggunakan teknik hamburan raman, dimana eksitasi cahaya monokromatik dengan panjang gelombang tertentu diberikan pada peralatan wearable device tersebut. Sistem transduser optik yang dirangkai terdiri dari sumber eksitasi laser dioda blue-violet 405 nm, lensa bikonveks, detektor cahaya Adafruit AS7262 dan Arduino UNO. Kain flanel putih digunakan sebagai bahan wearable karena memiliki daya serap paling bagus dan dengan diberi substrat sebanyak empat tetes memiliki tingkat kebasahan yang homogen untuk area seluas 4〖cm〗^2. Sistem transduser optik dirancang sedemikian rupa agar saat digunakan tidak akan ada cahaya luar yang mengganggu sistem. Dari penelitian ini, kemudian diperoleh data berupa intensitas cahaya dalam 6 channel gelombang tampak. Metode dekomposisi eigen vektor pada PCA dapat meng-cluster komposisi yang berbeda – beda pada suatu kumpulan data. Oleh sebab itu program PCA digunakan untuk meng-cluster kandungan glukosa pada sampel keringat dari intensitas hamburan yang terdeteksi. Dengan volum empat tetes substrat pada setiap pengujian diperoleh nilai peak to peak sebsar 0.00797 pada sumbu X dan 0.00363 pada sumbu Y yang berarti semakin rendah nilai peak to peak-nya akan semakin ter-cluster dengan baik. Rangkaian sistem transduser optik yang dirancang dengan sumber eksitasi laser dioda blue-violet 405 nm dan detektor cahaya Adafruit AS7262 dapat dibuat dengan wearable device yang memiliki luas 4〖cm〗^2dan alat ukur yang berukuran 27.8nm ×25nm×3.9nm.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kandungan glukosa, hamburan raman, PCA, transduser optik, wearable device. glucose detection, optical transducer, PCA, raman scattered, wearable device.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK351 Electric measurements.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Viona Hazar Briliana
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:25
Last Modified: 19 Aug 2021 05:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/87592

Actions (login required)

View Item View Item