Pengukuran Performa Finansial dari Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia Menggunakan Composite Financial Index dan Key Financial Metrics

Andrian, Doni (2021) Pengukuran Performa Finansial dari Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia Menggunakan Composite Financial Index dan Key Financial Metrics. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411740000071-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411740000071-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 02411740000071-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411740000071-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengukuran kualitas dari suatu institusi pendidikan tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan dua aspek, yaitu aspek akademik dan aspek finansial. Sudah banyak lembaga yang melakukan penilaian dalam bentuk pemeringkatan untuk institusi pendidikan tinggi yang menggunakan indikator akademik, dan hasil pemeringkatan tersebut juga digunakan oleh berbagai pihak. Untuk dapat mencapai kualitas akademik yang baik, institusi juga harus memiliki kekuatan finansial yang baik. Pernyataan ini turut didukung dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa indikator akademik memiliki korelasi positif dengan indikator finansial. Maka dari itu, penting bagi institusi pendidikan tinggi untuk mengukur dan mengevaluasi performa finansialnya agar dapat meningkatkan kualitas akademik. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengukur performa finansial dari institusi pendidikan tinggi, diantaranya adalah Composite Financial Index yang dibuat oleh NACUBO dan Key Financial Metrics yang digunakan oleh TEQSA. Kedua metode tersebut digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui performa finansial dari institusi pendidikan tinggi di Indonesia, serta melakukan perbandingan dengan institusi pendidikan tinggi lain di luar Indonesia. Dari pengukuran yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa Indonesia memiliki kesehatan finansial yang relatif baik dan dapat bersaing bila dibandingkan dengan institusi pendidikan tinggi dari grup Asia dan World-Class. Institusi pendidikan tinggi dari ketiga grup sama-sama memiliki tingkat diversifikasi pendapatan yang kurang baik. Perbedaan terbesar berada pada ukuran operasi institusi, dimana institusi pendidikan tinggi di Indonesia memiliki ukuran operasi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan institusi pendidikan tinggi dari grup Asia dan World-Class, sehingga sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas akademiknya pun jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan institusi dari grup Asia dan World-Class.
====================================================================================================================
Measurement of the quality of a higher education institution can be done using two aspects, namely the academic aspect and the financial aspect. Many institutions have used assessments in the form of rankings for higher education institutions with academic indicators, and the results of the ranking are also used by various parties. To be able to achieve good academic quality, institutions must also have good financial strength. This statement is supported by research results which state that academic indicators have a positive correlation with financial indicators. Therefore, higher education institutions need to measure and develop their financial performance to improve academic quality. Several methods can be used to measure the financial performance of higher education institutions, including the Composite Financial Index created by NACUBO and Key Financial Metrics used by TEQSA. These two methods are used in this study to determine the financial performance of higher education institutions in Indonesia, as well as to make comparisons with higher education institutions outside Indonesia. From the measurements carried out, it is found that Indonesia has relatively good financial health and can compete when compared to higher education institutions from the Asian and World-Class groups. Higher education institutions from the three groups both have a poor level of income diversification. The biggest difference lies in the size of the institution's operations, where higher education institutions in Indonesia have a much smaller operating size compared to higher education institutions from the Asian and World-Class groups so that the resources that can be used to improve their academic quality are much lower when compared to other higher education institution fom the Asian and World-Class groups.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Composite Financial Index, Institusi Pendidikan Tinggi, Kesehatan Finansial, Key Financial Metrics, Performa Finansial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Doni Andrian
Date Deposited: 25 Aug 2021 09:20
Last Modified: 25 Aug 2021 09:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89028

Actions (login required)

View Item View Item