Model Simulasi Penentuan Jumlah Armada Dan Penjadwalan Operasi Kapal Penunjang Kegiatan Lepas Pantai

Anjani, Arivia (2021) Model Simulasi Penentuan Jumlah Armada Dan Penjadwalan Operasi Kapal Penunjang Kegiatan Lepas Pantai. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411640000002-Udergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04411640000002-Udergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kapal penunjang kegiatan lepas pantai sangat penting untuk suplai logistik kebutuhan di anjungan lepas pantai. Komposisi armada kapal sangat penting untuk direncanakan dengan baik mengingat biaya sewa kapal harian (time charter hire) kapal yang tinggi dan memiliki porsi besar dalam biaya pengiriman. Untuk mendapatkan komposisi armada yang terbaik maka dalam perencanaannya harus mempertimbangkan kebutuhan jumlah permintaan. Namun permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ada pada ketidakpastian jumlah permintaan dan waktu permintaan. Oleh karena itu, perusahaan seringkali menyewa lebih banyak kapal agar tetap dapat memenuhi kebutuhan yang akan berdampak pada kenaikan biaya pengiriman. Dalam penelitian ini, untuk mengatasi ketidakpastian jumlah permintaan dan waktu permintaan, digunakan metode simulasi diskrit. Data historis jumlah permintaan dan interval waktu permintaan dibutuhkan sebagai masukan untuk proses simulasi. Dalam simulasi akan menggunakan variasi jumlah kapal, ukuran kapal, dan frekuensi pengiriman untuk didapatkan jumlah armada dan penjadwalan yang terbaik. Dari hasil simulasi didapatkan opsi pengiriman baru yaitu menggunakan 1 kapal berukuran dek 310 m2. Pengiriman akan dilakukan sebanyak 3 kali per minggu yaitu pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat. Opsi ini memiliki biaya 42% lebih murah dari kondisi eksisting serta memiliki waktu tunggu permintaan lebih 23% lebih cepat dari kondisi eksisting.
==================================================================================================
Offshore support vessels are very important for supplying logistics on offshore platforms. The fleet size is very important to plan properly considering that cost of daily charter hire (TCH) has a large portion of shipping costs. In fleet planning and scheduling, the company is faced with the problem of uncertainty demand and time. But to get the best composition of the fleet, the pattern of platform demand must be considered. Therefore companies often charter more vessels in order to be able to meet their demands which will have an impact on increasing shipping costs. In this study, to overcome the uncertainty demand and the timing of demand, discrete simulation methods are used. The historical data of the number of requests and the time interval of requests are needed as input for the simulation process. This simulation will use variations in the number of ships, ship size, and frequency of delivery to obtain the best number of fleets and scheduling. From the simulation model results, a new shipping option is obtained, using 1 ship with a deck capacity of 310 m2. Delivery will be made 3 times per week, on Sunday, Wednesday, and Saturday. This option costs 42% less than the existing condition and has a demand waiting time of 23% faster than the existing condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discrete Simulation, Fleet Sizing, Ship Scheduling, Uncertainty Demand, Muatan Tidak Tetap, Penentuan Armada, Penjadwalan, Simulasi Diskrit
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arivia Anjani
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:49
Last Modified: 17 May 2024 07:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89876

Actions (login required)

View Item View Item