Analisis Kekakuan Lateral Dan Umur Siklus Arah Radial Dari Ban Tanpa Udara Dengan Jari-jari Ban Berbentuk Belah Ketupat Pada Ban Sepeda Motor

Wibowo, Aditama Prinudya (2021) Analisis Kekakuan Lateral Dan Umur Siklus Arah Radial Dari Ban Tanpa Udara Dengan Jari-jari Ban Berbentuk Belah Ketupat Pada Ban Sepeda Motor. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111440000100-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111440000100-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Selama lebih dari 100 tahun sejak ban karet ditemukan, ban pneumatik masih dipercaya untuk melayani pengguna kendaraan bermotor. Selama periode tersebut, ban pneumatik masih memiliki beberapa kekurangan yang dapat menyebabkan kecelakaan dan membahayakan pengguna. Contoh dari kekurangan ban pneumatik adalah mudah kempis dan bocor atau pecah ban. Ban tanpa udara merupakan ban yang tanpa menggunakan udara sebagai bahan pengisi ban. Ban ini menggunakan flexible spokes sebagai pengganti fungsi udara pada ban pneumatik. Material ban ini menggunakan synthetic rubber sehingga ban tersebut tahan terhadap benda-benda tajam, anti bocor dan tahan terhadap shocking yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ban.
Metodologi penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan menguji kekakuan lateral dan umur siklus ban tanpa udara. Pengujian dilakukan dengan membandingkan 27 macam jenis ban tanpa udara berdasarkan variasi 3 material, 3 tebal jari-jari ban tanpa udara, dan 3 sudut jari-jari ban tanpa udara untuk mencari kekakuan lateral. Sedangkan untuk mencari umur siklus menggunakan hasil penelitian sebelumnya yaitu material polyurethane L100, tebal 4 mm, dan sudut 100 derajat. Pengujian dilakukan dengan simulasi menggunakan software ANSYS Workbench 18 kemudian hasil simulasi dibandingkan dengan hasil perhitungan untuk proses verifikasi data.
Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian ini adalah pengaruh tebal jari-jari ban tanpa udara pada sudut dan material akan mengalami penambahan nilai defleksi lateral untuk sudut 100 derajat, fluktuatif untuk sudut 120 derajat, dan mengalami penurunan defleksi lateral untuk 135 derajat. Pengaruh sudut jari-jari ban tanpa udara pada tebal dan material akan mengalami penambahan dan penurunan defleksi lateral untuk tebal 2 mm, dan mengalami penurunan defleksi lateral untuk 3 mm dan 4 mm. Defleksi lateral akan mengalami penurunan disebabkan pengaruh material pada penelitian dengan urutan nilai defleksi lateral dari yang terbesar hingga terkecil yaitu material polyurethane L42, polyurethane L100, dan polyurethane L130. Setelah melakukan verifikasi analisis ANSYS dengan perhitungan manual, Dipilih material polyurethane L100, tebal jari-jari ban tanpa udara 4 mm, dan sudut jari-jari ban tanpa udara 100 derajat. Hasil uji analisis umur siklus ban tanpa udara menggunakan bantuan software ANSYS menghasilkan umur siklus minimum ban tanpa udara 10^7 Cycle dan umur siklus maksimum ban tanpa udara 10^8 Cycle. Hasil perhitungan manual umur siklus ban tanpa udara berdasarkan teori soderberg mendapatkan nilai 9,1 x 10^6 Cycle. Terdapat perbedaan pada hasil analisis dengan perhitungan manual dengan selisih 0,9 x 10^6 Cycle. Sehingga error yang terjadi 9% dengan angka keamanan ban tanpa udara 2,6
==================================================================================================================
For more than 100 years since rubber tires were invented, pneumatic tires are still trusted to serve motorized vehicle users. During this period, pneumatic tires still have some drawbacks that can cause accidents and endanger users. An example of the disadvantages of pneumatic tires is that they are easy to deflate and leak or burst tires. Airless tires are tires that do not use air as a tire filler. This tire uses flexible spokes instead of the air function in pneumatic tires. This tire material uses synthetic rubber so that the tire is resistant to sharp objects, leak-proof, and resistant to shocking which can cause damage to the tire.
The research methodology for this final project was carried out by testing the lateral stiffness and cycle life of an airless tire. The test was carried out by comparing 27 types of airless tires based on variations of 3 materials, 3 thicknesses of radii without air, and 3 angles of radii without air to find lateral stiffness. Meanwhile, to find the cycle life using the results of previous studies, namely L100 polyurethane material, 4 mm thick, and an angle of 100 degrees. The test is carried out by simulation using ANSYS Workbench 18 software then the simulation results are compared with the calculation results for the data verification process.
The conclusion obtained through this study is the effect of the thickness of the radius of a tire without air on the angle and the material will experience an increase in the value of the lateral deflection for an angle of 100 degrees fluctuate for an angle of 120 degrees, and a decrease in lateral deflection for 135 degrees. The influence of the radius angle of an airless tire on the thickness and the material will increase and decrease the lateral deflection for 2 mm thick, and experience a decrease in lateral deflection for 3 mm and 4 mm. Lateral deflection will decrease due to the influence of the material in the study with the order of lateral deflection values from the largest to the smallest, namely polyurethane L42, polyurethane L100, and polyurethane L130 materials. After verifying the ANSYS analysis with manual calculations, polyurethane L100 material, the thickness of radius airless tire 4 mm, and angle of radius airless tires 100 degrees were chosen. The test results of the analysis using the ANSYS software resulted in the minimum cycle life of the airless tire is 10^7 Cycles and the maximum cycle life is 10^8 Cycle. The results of a manual calculation based on Soderberg's theory get a value of 9,1 x 10^6 Cycle. There is a difference in the results of the analysis with manual calculations with a difference of 0,9 x 10^6 Cycle. So that the error that occurs is 9% with a safety rate of 2,6 tires without air

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Non-Pneumatic Tire, Spokes, Lateral Deflection, Lateral Stiffness, Life Cycle Non-Pneumatic Tire, Spokes, Defleksi Lateral, Kekakuan Lateral, Life Cycle
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.38 Materials--Fatigue.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditama Prinudya Wibowo
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:26
Last Modified: 27 Aug 2021 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/89900

Actions (login required)

View Item View Item