Evaluasi dan Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Kedungrejo - Tumpang Kabupaten Malang STA 0+000 - 8+200

Rifqah, Rifqah (2021) Evaluasi dan Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Kedungrejo - Tumpang Kabupaten Malang STA 0+000 - 8+200. Undergraduate thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

[thumbnail of 10111710013055_Undergraduate_Theses.pdf] Text
10111710013055_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (44MB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya merupakan jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Kondisi ruas jalan Kedungrejo-Tumpang merupakan daerah dengan jumlah petumbuhan penduduk sebesar 2,56% per tahun dan pertumbuhan sektor industri yang terus bertambah, hal ini mengakibatkan tingginya pertumbuhan lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Dari hasil analisis data yang didapatkan ruas jalan Kedungrejo-Tumpang memiliki derajat kejenuhan jalan >0,75 yang berarti kondisi jalan sudah termasuk kedalam kondisi yang padat dan perlu dilakukannya peningkatan berupa pelebaran jalan untuk mengoptimalkan angkar derajat kejenuhan pada ruas jalan Kedungrejo-Tumpang STA 0+00 – STA 8+200. Kerusakan jalan yang dialami menunjukkan angka prosentase sebesar 0,86% yang berarti dibutuhkan peningkatan berupa alternatif perbaikan disetiap jenis kerusakan.
Perencanaan peningkatan jalan berupa pelebaran perkerasan jalan dilakukan dengan tahapan yang pertama anlisis kapasitas jalan yang mengacu pada metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Yang kedua perencanaan perkerasan pelebaran jalan. Kemudian dilakukan kontrol geometrik jalan yang mengacu pada RSNI T-14-2004 . Analisis kerusakan jalan dilakukan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) serta diberikan alternatif perbaikan jalan sesuai dengan jenis kerusakan. Perencanan drainase permukaan jalan mengacu pada SNI 03-3424-1994 DPU (Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan) . Dilengkapi dengan metode pelaksanaan pekerjaan dan analisis Rencana Anggaran Biaya berdasarkan Harga Satuan Pekerjaan (HSPK) Kabupaten Malang.
Hasil Evaluasi dan perencanaan peningkatan jalan ruas Kedungrejo-Tumpang dengan menggunakan umur rencana 20 tahun, diperoleh evaluasi perkerasan jalan dalam kondasi sangat baik (excellent). Dapat diperoleh nilai DS eksisting (Degree of Saturation) < 0,75 dengan membutuhkan peningkatan jalan berupa pelebaran sebesar 2 m jalan dengan tebal perencanaan lapis pondasi bawah sebesar 15 cm, dan lapis permukaan sebesar 16 cm beton fc’ 35 mpa .dan alternatif perbaikan sesuai dengan jenis kerusakan jalan . Dimensi drainase eksisting memenuhi. Dan hasil yang terakhir yaitu Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebesar Rp. 6.006.108.058 yang diperhitungkan berdasarkan metode pelaksanan yang direncanakan.
Kata kunci : Peningkatan, Jalan, Pelebaran, Geometrik, Perkerasan ,Drainase
=================================================================================================
The highway is the main road that connects one area to another. The condition of the Kedungrejo-Tumpang road segment is an area with a population growth of 2.56% per year and the growth of the industrial sector continues to grow, this results in high traffic growth on this road segment. From the results of data analysis, the Kedungrejo-Tumpang road section has a road saturation degree> 0.75 which means that the road conditions are included in a congested condition and it is necessary to increase the road widening to optimize anchor saturation degrees on the Kedungrejo-Tumpang road section STA 0+ 00 – STA 8+200. The road damage experienced shows a percentage of 0.86%, which means that an increase in the form of alternative repairs is needed for each type of damage.
Planning for road improvement in the form of road pavement widening is carried out with the first stage of road capacity analysis referring to the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) method. The second is planning for road widening pavement. Then carried out the geometric control of the road which refers to the RSNI T-14-2004. Analysis of road damage was carried out using the Pavement Condition Index (PCI) method and alternative road repairs were given according to the type of damage. Road surface drainage planning refers to SNI 03-3424-1994 DPU (Procedures for Road Surface Drainage Planning). Equipped with the method of carrying out the work and analysis of the Budget Plan based on the Unit Price of Work (HSPK) of Malang Regency.
The results of the evaluation and planning for the improvement of the Kedungrejo-Tumpang road segment using a design age of 20 years, an evaluation of the road pavement is in excellent condition (excellent). It can be obtained the existing DS value (Degree of Saturation) < 0.75 by requiring an increase in the form of a 2 m road widening with a sub-base planning thickness of 15 cm, and a surface layer of 16 cm concrete fc' 35 mpa. with the type of road damage. Existing drainage dimensions meet. And the last result is the Budget Plan (RAB) of Rp. 6,006,108.058 which is calculated based on the planned implementation method.

Keywords: Improvement, Road, Widening, Geometric, Pavement, Drainage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Jalan, Pelebaran, Geometrik, Perkerasan ,Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Rifqah Rifqah
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:12
Last Modified: 26 Aug 2021 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/90550

Actions (login required)

View Item View Item