Saputra, Yohanes Hadi (2022) Perencanaan Modifikasi Jembatan Busur Rangka Baja Pada Jembatan Sembayat Baru II Dengan Fluid Viscous Damper Serta Lantai Jembatan Orthotropik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111740000037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (42MB) | Preview |
Abstract
Jembatan Sembayat Baru II merupakan jembatan yang terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jembatan ini menjadi akses penting yang menghubungkan antara Kabupaten Gresik dengan Kabupaten Lamongan. Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 26/PRT/M/2017 tentang Panduan Pembangunan Budaya Integritas Di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah ditetapkan pada tahun 2030 dengan sasaran untuk menambah pembangunan jembatan baru sepanjang 60.000 m, maka diperlukan upaya untuk menyelaraskan sasaran tersebut. Permasalahan ini yang melatarbelakangi perencanaan dalam pembangunan modifikasi jembatan Sembayat Baru II agar dapat menunjang dalam sarana transportasi.
Penggunaan sistem busur rangka baja bertujuan agar bentang jembatan dapat menggunakan lebih sedikit bentang yang dapat menambah kesan estetik pada jembatan. Dan penggunaan sistem pelat orthotropik dapat menghasilkan sistem jembatan yang ringan dibandingkan dengan beton konvensional serta dapat dilakukan rekontruksi jembatan dengan mudah jika terjadi kerusakan pada lantai jembatan. Penggunaan Fluid Viscous Dampers didasarkan pada kondisi wilayah Gresik yang berada di daerah moderat atau menengah sehingga memiliki resiko terjadinya gempa yang cukup tinggi. Studi modifikasi jembatan dengan menggunakan FVD ini yaitu untuk mengetahui apakah displacement akibat beban gempa dapat direduksi sehingga kerusakan dapat diminimalisir.
Dari analisa yang dilakukan, didapatkan struktur sekunder pada perencanaan ini terdiri atas pelat lantai kendaraan orthotropik dengan tebal baja 15 mm dengan menggunakan profil T 400.150.12.22 sebagai rusuk dan aspal dengan tebal 60 mm, gelagar melintang GIRDER 650.35020.30, tie beam BOX GIRDER 1400.800.50.50, dan Kabel penggantung Macalloy 520 (M100) dengan diameter 97 mm.
Untuk permodelan struktur utama jembatan busur menggunakan Program Bantu SAP2000. Didapatkan penampang busur profil BOX GIRDER terbesar 1500.800.65.65, perletakan yang digunakan untuk Penampang Busur menggunakan perletakan sendi dan untuk lantai kendaraan menggunakan perletakan sendi dan rol serta struktur bawah pada Penampang Busur menggunakan pilecap 15 m x 11 m dengan tebal 2 m, dan bored pile diameter 1 m kedalaman 80 m sebanyak 35 buah. Dengan efektifitas penggunaan damper FVD dengan tipe 17120 dapat mereduksi 11%- 65% displacement arah memanjang jembatan.
================================================================================================
Sembayat Baru II Bridge located in Gresik Regency, East Java. This bridge is important to access that connects Gresik and Lamongan regency. According to the Regulation of the Ministry of Public Works and Human Settlements at the Number. 26/PRT/M/2017 concerning Guidelines for the Development of a Culture of Integrity in the Ministry of Public Works and Human Settlements, it has been set in 2030 a target is set to add a new bridge construction of 60,000 m long, it is necessary to make efforts to align the targets. This problem is the reason of planning in the construction of the modification Sembayat Baru bridge II so that it can support transportation facilities.
The use of the steel truss arc system aims to make the bridge with less span which can add to the aesthetic impression of the bridge. And the use of an orthotropic slab system can produce a lightweight bridge system compared to conventional concrete and bridge reconstruction can be done easily if there is damage to the bridge floor. The use of Fluid Viscous Dampers is based on the condition of the Gresik area which is in a moderate or medium area so that it has a fairly high risk of an earthquake. The study of bridge modification using FVD is to find out whether the displacement due to earthquake loads can be reduced so that damage can be minimized.
From the analysis carried out, it was found that the secondary structure in this plan consists of an orthotropic vehicle floor plate with a steel thickness of 15 mm using a T profile 400.150.12.22 as a rib and asphalt with a thickness of 60 mm, a transverse girder GIRDER 650.35020.30, tie beam BOX GIRDER 1400.800 .50.50, and Macalloy 520 (M100) hanging cable with a diameter of 97 mm.
For modeling the main structure of the arc bridge using the SAP2000 Program. The largest BOX GIRDER profile arc section is 1500,800.65.65, the placement used for the arc section uses hinge and for the vehicle deck using roller placement and the bottom structure on the arc bridge uses pilecap 15 m x 11 m with a thickness of 2 m, and bored pile diameter 1 m depth of 80 m as many as 35 pieces. The effectiveness of the use of FVD with type 17120 can reduce 11%- 65% longitudinal displacement bridge
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Steel Frame, Arc Bridge, Orthotropic, Damper, Fluid Viscous Damper,Jembatan Busur Rangka Baja, Orthotropik |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yohanes Hadi Saputra |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 02:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 00:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/92747 |
Actions (login required)
View Item |