Perencanaan Transmisi Dan Perhitungan Daya Motor Listrik Pada Mesin Balistik Di Tpst Samtaku - Jimbaran

Pambayu, Badra Asa Adi (2022) Perencanaan Transmisi Dan Perhitungan Daya Motor Listrik Pada Mesin Balistik Di Tpst Samtaku - Jimbaran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of PA_Badra Asa Adi Pambayu_10211710010017.pdf] Text
PA_Badra Asa Adi Pambayu_10211710010017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of PA_Badra Asa Adi Pambayu_10211710010017.pdf] Text
PA_Badra Asa Adi Pambayu_10211710010017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan hasil dari meningkatnya pola konsumsi masyarakat yang tidak sebanding dengan jenis aktivitas. Sampah umumnya tidak memiliki nilai guna lagi dengan karakteristiknya yang kotor dan bau, namun apabila sampah dapat diolah dengan benar akan menjadi sesuatu yang bermanfaat, serta dapat meningkatkan nilai guna bagi masyarakat.
Saat ini banyak inovasi yang menggunakan teknologi alat atau mesin, salah satunya adalah mesin pencacah sampah yang berfungsi untuk mencacah sampah menjadi potongan-potongan kecil dan diolah agar menjadi suatu benda yang berguna. Salah satu jenisnya adalah Mesin Balistik. Mesin Balistik merupakan sebuah mesin pencacah sampah yang memiliki Screw Conveyor yang berfungsi untuk mendorong sampah sehingga sampah yang dimasukkan dengan mudah dapat dicacah oleh pisau pemotong, selain itu Mesin Balistik mampu menghasilkan kapasitas hasil cacahan dalam jumlah yang besar. Mesin ini akan ditempatkan di TPST Samtaku – Jimbaran yang berada di Provinsi Bali sebagai salah satu mesin untuk mengolah sampah menjadi Refused Derived Fuel (RDF) yaitu energi pengganti bahan bakar batu bara. Salah satu keunggulan dari mesin ini adalah mampu mencacah sampah organik dan anorganik karena bahan material pisau pemotong terbuat dari material plat Hardox yang mempunyai kekuatan material yang bagus dan tahan terhadap korosi.
Hasil dari penelitian ini didapat perencanaan transmisi pada Mesin Balistik menggunakan transmisi Belt & Pulley dengan diameter Pulley penggerak 12 inch, diameter Pulley yang digerakkan 21 inch dan diperoleh putaran poros 850 rpm. Untuk tipe Belt yang digunakan adalah V-Belt dengan panjang 2500 mm dan jarak antar sumbu Pulley adalah 610 mm. Poros yang digunakan memiliki dimensi panjang 2100 mm dengan diameter 200 mm yang berada pada 1500 mm diatas permukaan tanah. Selain itu, mesin ini dilengkapi dengan 2 buah Flywheel dengan berat 130 kg yang berfungsi untuk menyimpan energi berupa energi kinetik sebesar 20579,33 J. Untuk kebutuhan daya Mesin Balistik yaitu daya mekanik sebesar 20,7 kw dan daya potong sampah 11,367 kw maka total daya motor yang dibutuhkan adalah 32 kw atau 42,9 HP. Sehingga dipilih Motor Listrik dengan daya 50 HP dengan putaran 1500 rpm untuk kapasitas mesin 10 ton per jam. ====================================================================================================
Garbage is the result of people's consumption patterns changing in ways that aren't proportional to their activities. Garbage has little use value due to its filthy and odorous features, but if it is correctly processed, it can be transformed into something helpful, increasing the community's use value.
There are numerous innovations that make use of tool or machine technology currently available, one of which is a garbage chopping machine that chops waste into little bits and processes it into something usable. The Ballistic Machine is one example. The ballistic machine is a waste chopping machine with a Screw Conveyor that pushes the rubbish so that it may be readily chopped with a cutting knife. It can also create enormous amounts of chopping capacity. This machine will be installed at the TPST Samtaku – Jimbaran in Bali Province to turn waste into Refused Derived Fuel (RDF), an energy substitute for coal fuel. One of the benefits of this machine is that it can chop both organic and inorganic trash since the cutting blade is constructed of Hardox plate material, which is strong and corrosion resistant.
The findings of this study showed that a Belt & Pulley transmission with a diameter of 12 inch drive Pulley, 21 inch driven Pulley diameter, and a shaft rotation of 850 rpm could design a transmission on a ballistic machine. The Belt in question is a V-Belt with a length of 2500 mm and a spacing of 610 mm between the Pulley's axis. The shaft utilized is 2100 mm long and 200 mm in diameter, and it is placed 1500 mm above ground level. Furthermore, this machine is fitted with two 130 kg Flywheels that store energy in the form of kinetic energy of 20579.33 J. The total motor power necessary for ballistic engine power, namely mechanical power of 20.7 kw and waste cutting power of 11,367 kw, is 32 kw or 42,9 HP. As a result, an electric motor with a power of 50 HP and a rotational speed of 1500 rpm was chosen for a 10 ton per hour engine.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mesin Balistik, Sistem Transmisi, Daya Motor Listrik. Ballistic Machinery, Transmission System, Electric Motor Power.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1398 Conveyors
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ541 Flywheels.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Badra Asa Adi Pambayu Badra Asa Adi Pambayu
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:59
Last Modified: 16 Feb 2022 08:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/93187

Actions (login required)

View Item View Item