Analisis Pengaruh Servant Leadership, Gaya Kepemimpinan Otoriter dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo)

Iroth, Claudio Benedic (2022) Analisis Pengaruh Servant Leadership, Gaya Kepemimpinan Otoriter dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850026008-Master_Thesis.pdf] Text
09211850026008-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja serta kinerja karyawan di perusahaan juga tidak terhindarkan dari sentuhan gaya kepemimpinan di perusahaan. PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo sendiri tidak hanya sekali berganti kepemimpinan, atau bahkan di setiap departemen tak jarang juga berganti kepemimpinan sehingga ada karyawan yang mengalami ketidakcocokan dengan pimpinan yang baru. Dari adanya ketidakcocokan tersebut bisa menimbulkan permasalahan yang bisa menghambat upaya untuk memperoleh tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis hubungan antara servant leadership, gaya kepemimpinan otoriter, dan gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif berdasarkan kajian prinsip rasional empirik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan populasinya karyawan PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo dengan jumlah sampel, yakni: 125 responden. Data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Servant leadership, gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan partisipasif memiliki hubungan yang positif pada kinerja karyawan. Begitu juga pada Servant leadership, gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan partisipasif memiliki hubungan yang positif pada kepuasan karyawan. Kepuasan kerja mempunyai hubungan positif pada kinerja karyawan. Oleh karena itu, ketika kepuasan kerja seorang karyawan meningkat, maka akan berdampak positif terhadap kinerjanya. Dari beberapa kendala yang muncul pada PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo, pemimpin/manajer tetap berusaha untuk menghargai karyawannya dengan memberikan jaminan-jaminan yang dibutuhkan baik secara fisik maupun psikologis, hal tersebut akan memenuhi tingkat kebutuhan karyawan untuk termotivasi dalam bekerja.
================================================================================================
Job satisfaction and employee performance in the company are also unavoidable from the touch of the leadership style in the company, even in PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo. PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo itself has not only changed leadership once, or even in each department it is not uncommon to also change leader so that there are employees who experience incompatibility with the new leadership. The existence of this incompatibility can cause problems that can hinder efforts to achieve predetermined goals. This study aims to examine and analyze the relationship between servant leadership, authoritarian leadership style, and participatory leadership style on employee performance through job satisfaction at PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo employees. This research is a descriptive quantitative research based on the study of empirical rational principles. The data was collected using a questionnaire, and the population was employees of PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo with the number of samples, namely: 125 respondents. Data were analyzed using SEM-PLS. The results showed that Servant leadership, authoritarian leadership style and participative leadership style have a positive relationship on employee performance. Likewise in Servant leadership, authoritarian leadership style and participatory leadership style have a positive relationship on employee satisfaction. Job satisfaction has a positive relationship on employee performance. Therefore, when an employee's job satisfaction increases, it will have a positive impact on the performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: leadership style, employee performance, SEM-PLS, job satisfaction, gaya kepemimpinan, kinerja pegawai, SEM-PLS, kepuasan kerja.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Claudio Iroth
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:32
Last Modified: 31 Oct 2022 04:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94089

Actions (login required)

View Item View Item