EVALUASI TEKNIS PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BITUNG

SUPIT, OKTOVANUS TONNY (2015) EVALUASI TEKNIS PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BITUNG. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3312202807-Abstract.pdf]
Preview
Text
3312202807-Abstract.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 3312202807-Conclusion.pdf]
Preview
Text
3312202807-Conclusion.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3312202807-Master_theses.pdf]
Preview
Text
3312202807-Master_theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kota Bitung terletak pada Provinsi Sulawesi Utara yang juga merupakan
kota kawasan pelabuhan untuk perjalanan domestik dan pelabuhan kontainer.
Pertumbuhan penduduk di Kota Bitung Tahun 2014 berjumlah 246.440 jiwa,
dengan timbulan sampah di Kota Bitung sebesar 677,71 m3 per hari. Jumlah
volume sampah yang terangkut ke TPA sebesar 393,95 m3 per hari, tingkat
pelayanan sampah di Kota Bitung saat ini sebesar 58,13 %. Penelitian ini
bertujuan untuk optimasi sistem pengangkutan sampah saat ini, mengkaji besaran
biaya dan kebutuhan jumlah personil dalam pengangkutan sampah di Kota
Bitung. Penelitian dilakukan dengan metode observasi lapangan terhadap
kendaraan pengangkut sampah. Dari total 21 truck, yang diamati berjumlah 14
buah dari 15 buah dump truck, dan 6 buah arm roll truck. Dimana 6 buah dump
truck dan 2 arm roll truck diikuti sebanyak 2 kali yang dipilih berdasarkan umur
kendaraan. Parameter yang diamati adalah waktu untuk mengambil, mengangkut
dan waktu untuk membongkar sampah, jarak dan waktu tempuh menuju ke TPA,
waktu untuk mengangkat dan menurunkan kontainer, dari pool ke TPS pertama,
dan dari TPA ke pool, serta waktu off route. Aspek pembiayaan dengan
menghitung besaran biaya per satu ton sampah. Analisis aspek kelembagaan
dilakukan dengan mengkaji jumlah personil, menyusun strategi untuk
meningkatkan kinerja institusi dan tingkat pelayanan pengangkutan sampah
dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,Threaths). Dari hasil analisis diperoleh bahwa jumlah trip masih dapat ditingkatkan
untuk kendaraan dump truck DB 8010 CY, DB 8067 CA peningkatan menjadi
4 trip per hari, dan kendaraan DD 9125 AZ menjadi 3 trip per hari, serta waktu
kerja yang hanya 6,10 - 6,71 jam per hari menjadi 7,94 - 7,95 jam per hari.
Kendaraan armroll truck DB 8009 CY dapat ditingkatkan dari 3 trip menjadi
4 trip per hari. Biaya pengangkutan sampah sebesar Rp. 7.245.481.918, dengan
biaya per ton untuk mengangkut sampah dengan dump truck Rp. 201.395,- dan
biaya per ton sebesar Rp.85.053.- mengangkut sampah dengan arm roll truck.
Berdasarkan hasil analisis, strategi untuk peningkatan kinerja institusi dan
peningkatan pelayanan sampah adalah dengan Strategi Agresif (SO).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTL 621.314 Sub e
Uncontrolled Keywords: Institusi, pembiayaan, personil, pengangkutan sampah, Institutions, finance, personnel, waste transportation
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:51
Last Modified: 24 Aug 2018 06:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item