Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Kebiasaan Media Sosial Yang Sehat Pada Remaja Usia 15-18 Tahun

Zulraniyah, Weldiyanti (2022) Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Kebiasaan Media Sosial Yang Sehat Pada Remaja Usia 15-18 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000039-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000039-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media sosial dan kesehatan jiwa memiliki korelasi yang kuat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lama waktu penggunaan media sosial dapat mempengaruhi kualitas kesehatan jiwa individu. Adanya arus informasi dan interaksi yang terus menerus berlangsung di media sosial beserta kaitannya dengan kehidupan virtual pengguna, membuat tingkat kecanduan meningkat, khususnya di kalangan remaja. Kecanduan menjadi salah satu permasalahan yang muncul selain efek psikologis lainnya yang diakibatkan oleh penggunaan media sosial. Berangkat dari masalah tersebut, dirancang sebuah kampanye pengelolaan kebiasaan media sosial yang sehat dengan mengangkat isu kecanduan media sosial.
Perancangan ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa focus group discussion, wawancara dengan ahli dan stakeholder sebagai data primer. Studi literatur pada jurnal ilmiah serta buku terkait hubungan media sosial dan kejiwaan remaja juga dilakukan sebagai pendukung data guna memperkuat konten kampanye yang diajukan. Setelah proses pencarian data, langkah selanjutnya adalah menentukan ide kampanye yang akan diturunkan pada konsep komunikasi, visual dan media.
Luaran yang dihasilkan dari perancangan ini adalah kampanye sosial dengan memanfaatkan berbagai media yaitu video iklan layanan masyarakat, media sosial, website, ambient ads dan merchandise yang diimplementasikan dengan strategi komunikasi yang sesuai dengan remaja. Dengan adanya kampanye tersebut, diharapkan dapat memberi wawasan dan dorongan kepada remaja untuk menerapkan penggunaan media sosial yang sehat dan seimbang.
================================================================================================
The usage of social media and mental health is strongly correlated. Recent research shows that the time spent on social media affects the quality of mental health. The continuous flow of information and interactions on social media and its relation to the virtual life of users, makes the level of addiction increase, especially among teenagers. Social media addiction is one of the problems that arise in addition to other psychological effects caused by the use of social media. Based on this problem, a campaign for managing the use of social media in a healthy manner was designed by raising the issue of social media addiction.
This design uses descriptive research methods with data collection instrument such as focus group discussion, interviews with experts and stakeholders as primary data. Literature studies in scientific journals and books related to the relationship between media social and adolescent psychology were also carried out to support data to strengthen the content of the proposed campaign. After the research process, the next step is to determine the campaign idea that will be derived from the concept of communication, visual and media.
The output produced from this design is a social campaign by utilizing various media, namely video public service advertisements, social media, websites, ambient ads and merchandise which are implemented with communication strategies that are appropriate for teenagers. With this campaign, it is hoped that it can provide insight and encouragement for teenagers to implement the use of social media healthy and balanced way.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Kecanduan, Media Sosial, Remaja, Campaign, Social Media, Addiction, Teenager
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Weldiyanti Zulraniyah
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:12
Last Modified: 16 Feb 2022 06:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94235

Actions (login required)

View Item View Item