Sistem Kontrol Larutan Nutrisi Hidroponik (Nutrient Film Technique) Pada Tanaman Bayam Menggunakn Metode Fuzzy

Ar Rosyidi, Afif Fakhruddin (2021) Sistem Kontrol Larutan Nutrisi Hidroponik (Nutrient Film Technique) Pada Tanaman Bayam Menggunakn Metode Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311710000061_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10311710000061_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hidroponik adalah teknik bercocok tanam dengan memanfaatkan air dengan menekankan pada kebutuhan nutrisi bagi tanaman dan juga kondisi pH air. Nutrisi dan pH seringkali berubah-ubah nilainya setelah di atur pada pagi dan sore hari, berubahnya nilai nutrisi dan pH disebabkan oleh fotosintesis dan respirasi pada tanaman, dengan begitu dibutuhkan pengecekan TDS dan pH secara berkala yaitu pagi, siang, sore dan malam, sehingga timbulnya permasalahan jika pemilik kebun sedang sibuk atau tidak bisa melakukan pengecekan secara berkala. Sehingga menyebabkan nutrisi dan pH tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman dan menyebabkan kerusakan tanaman. Pada proyek akhir ini penulis mengambil tanaman bayam sebagai tanaman yang akan dibudidayakan.
Pada proyek akhir ini telah dirancang sebuah sistem pengontrol nutrisi dan pH dengan kontroller berupa Arduino. Sistem ini menggunakan metode Fuzzy Logic melalui sistem pengendalian yang bertujuan untuk mengontrol pH dan ppm air yang dinamis, dengan cara menggunakan larutan nutrisi, air, larutan penaik pH dan larutan penurun pH yang dialirkan menggunakan mini pump.
Hasil pengujian dari perbandingan hasil rata – rata kesalahan error output Fuzzy dari alat dan dibandingkan dengan data yang dihasilkan dari simulasi matlab yaitu sebesar 0,00028% untuk pH sedangkan untuk TDS yaitu sebesar 0,00022 %. Dan untuk pengujian keseluruhan alat telah sesuai dengan yang ditetapkan.
================================================================================================
Hydroponics is a farming technique that utilizes air to provide nutrients for plants and also the pH conditions of the air. Nutrients and pH often change in value after being regulated in the morning and evening, changes in value and pH caused by photosynthesis and respiration in plants, so it is necessary to check TDS and pH periodically, i.e. morning, afternoon, and evening, so that problems arise if the owner of the garden is busy or cannot do regular checks. This causes nutrients and pH not to match what plants need and causes plant damage. In this final project the author takes spinach as a plant to be cultivated.
In this final project, a nutrition and pH control system has been designed with an Arduino controller. This system uses the Fuzzy Logic method through control that aims to control dynamic pH and ppm air, by using nutrients, water, pH increasing solutions and pH lowering solutions using mini pumps.
The test results from the comparison of the average results of the Fuzzy output error of the tool and compared with the data generated from the MATLAB simulation that is equal to 0.00028% for pH while for TDS that is equal to 0.00022%. And for testing the whole tool has been in accordance with the set.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, Fuzzy Logic, TDS, pH
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S633.5 Fertilizers
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Afif Fakhruddin A.R.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:23
Last Modified: 07 Mar 2022 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94788

Actions (login required)

View Item View Item