Perbaikan Kualitas Sistem Pelayanan Jasa Pada Unit Jasa Umum (JUM) Dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studikasus : PT. Sucofindo (Persero))

Simanjuntak, Elmonica (2009) Perbaikan Kualitas Sistem Pelayanan Jasa Pada Unit Jasa Umum (JUM) Dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studikasus : PT. Sucofindo (Persero)). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2505100172-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2505100172-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (21MB)

Abstract

PT. SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan yang memberikan jasa sertifikasi manajemen untuk perusahaan-perusahaan terutama untuk produk-produk listrik dan elektronika. Berdasarkan brainstroming dengan perusahaan dan hasil analisa Service Quality, masalah muncul ketika kebanyakan konsumen komplain terhadap kesalahan pada sertifikat yang mengakibatkan pembatalan penerbitan blanko sertifikat. Kesalahan pada sertifikat ini adalah waste menurut klasifikasi lean. Selain itu juga terdapat waste yaitu terdapat sertifikat yang tidak tepat waktu terbit sehingga kejadian ini termasuk ke dalam waiting dimana Response Time pelayanan yang melebihi waktu yang dijanjikan oleh pihak perusahaan. Hal ini menimbulkan kerugian bagi perusahaan dikarenakan mempengaruhi customer satisfaction dan juga akan mempengaruhi jumlah pelanggan PT. SUCOFINDO (Persero). Melalui pendekatan Lean, aktivitas-aktivitas non-value added dapat teridentifikasi, serta pemborosan (waste) yang terjadi dapat diminimalisasi bahkan dieliminasi. Sedangkan pendekatan Six Sigma digunakan untuk mengurangi variasi dan meningkatkan kapabilitas proses. Risk Management digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengevaluasi risiko yang ditimbulkan oleh waste paling kritis Pada penelitian ini digunakan pendekatan sistem dinamik sebagai dasar pemberian rekomendasi dari skenario perbaikan yang diusulkan untuk pengurangan defect.Rata-rata penurunan defect sebesar 2,4 unit dan penurunan perbandingan jumlah defect sebesar 0,05454.Sedangkan untuk waste waiting diberikan beberapa rekomendasi usulan perbaikan.
===========================================================================================================================
PT. SUCOFINDO ( Persero) is company that giving management sertificaton services for companies especially for electronics and electrics products. Depend on brainstroming result and Service Quality analysis, problem come when most customer complain to certificate mistake that make cancellation of certificate publication. Certificate mistake is waste according to lean classification. Besides, also there are waste that is certificate which mistime to publish, so that this occurence is included into waiting where response time service exceeding time promised by company. This make losses to company because of influencing customer satisfaction as well as will influence the amount of cutomer. Through approach of Lean, activities of non-value added can identify, and also waste happened can be minimized even dieliminasi. While approach of Six Sigma is used to lessen variation and improve capability process. Risk Management used to identify, to analysing and evaluating risk generated by critical waste. This research use dynamic system approach as recommendation of repair scenario for defect reduction.Degradation of defect equal to 2,4 unit and degradation of comparison of amount of defect equal to 0,05454, and the waste of waiting given some repair proposal recommendations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSI 658 Sim p 2009
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Waste, Lean Six Sigma, Sistem Dinamik, Quality Of Service, Dinamic System
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:33
Last Modified: 10 Nov 2022 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95083

Actions (login required)

View Item View Item