Evaluasi Kebijakan Yang Mempengaruhi Penciptaan Lapangan Kerja Dan Peluang Usaha Di Sentra UMKM Komponen Otomotif Waru Sidoarjo Dengan Tools Regulation Mapping (RegMap)

Firmansyah, Muhammad Muslikh (2010) Evaluasi Kebijakan Yang Mempengaruhi Penciptaan Lapangan Kerja Dan Peluang Usaha Di Sentra UMKM Komponen Otomotif Waru Sidoarjo Dengan Tools Regulation Mapping (RegMap). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2506100104-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2506100104-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu masalah di negara berkembang yang sulit diatasi, tidak terkecuali Indonesia. Salah satu sumber permasalahan ini adalah kurangnya lapangan pekeijaan dan peluang usaha. Banyak aspek yang menyebabkan kurangnya lapangan keija dan peluang usaha, salah satu contoh yaitu aspek kebijakan pemerintah. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi kebijakan yang mempengaruhi penciptaan lapangan keija dan peluang usaha dengan menggunakan tools Regulation Mapping (RegMap). Dengan tujuan untuk mengetahui apakah kebijakan tersebut sudah baik dan mendukung penciptaan lapangan keija dan peluang usaha. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap penciptaan lapangan kerja dan peluang usaha adalah variabel legalitas usaha, dimana kebijakan legalitas usaha yang dievaluasi dengan RegMap Lengkap sudah cukup baik dan mendukung penciptaan lapangan kerja dan peluang usaha. Meskipun kebijakan legalitas usaha sudah cukup baik tetapi perlu dilakukan perbaikan sesuai dengan kategori pemyataan dan kriteria pendukung RegMAp Lengkap.
===========================================================================================================================
Unemployment is one of the problems in developing countries are difficult to overcome, including Indonesia. Cause of this problem is the lack of job fields and business opportunities. Many aspect cause the lack of employment and business opportunities, as an example is aspects government policy. In this research, evaluation of policy impact in generating work field and business opportunity is conducted using Regulation Mapping (RegMap) tools. The purpose of this evaluation is to determine whether this policy is good and support the creation of employment and business opportunities. From the results of this research, the most influential variables for job creation and business opportunities are variable legality of their operations. This policies, which are evaluated with RegMAp is already quite good and supports the creation of employment and business opportunities. Although the legality of the policy has been quite good, but it needs to be improved in accordance with the categories statement and supporting criteria from RegMap.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSI 658.401 2 Fir e 2010
Uncontrolled Keywords: Lapangan Keija, Peluang usaha, Regulation Mapping (RegMap), Job Creation, Business Opportunity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:57
Last Modified: 10 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95084

Actions (login required)

View Item View Item