Modifikasi Perencanaan Struktur Gedung Surabaya Refinery Complex Dengan Metode Sistem Rangka Gedung

Chandra, Alfian Adie (2007) Modifikasi Perencanaan Struktur Gedung Surabaya Refinery Complex Dengan Metode Sistem Rangka Gedung. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3104109540-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3104109540-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (46MB)

Abstract

Perencanaan gedung bertingkat di Indonesia khususnya dari beton bertulang mengacu pada peraturan SNI. Pada SNI 2002 diberikan beberapa sistem struktur yang dapat menjadi acuan dalam perencanaan sesuai dengan kondisi dan keinginan dari perencana dengan dasar pertimbangan tertentu. Didalam proposal TA ini akan membahas perencanaan gedung Surabaya refineri completes dengan metode sistem rangka gedung ( Building Frame System),untuk dibangun dUayapura yang masuk dalam wilayah gempa 5.Perhitungan dilakukan setelah mendefinisikan beban - beban yang akan membebani struktur dan dikombinasikan menurut SN1-2002. Dengan menggunakan struktur sistem rangka gedung ini, diharapkan semua beban lateral yang bekerja (angin dan gempa) sepenuhnya dipikul oleh elemen dinding geser (shear wall) sedangkan rangka utama hanya memikul beban gravitasi).Analisa struktur dilakukan dengan bantuan program SAP 2000 untuk memperoleh gaya dalam yang dipakai untuk perhitungan tulangan rangka utamanya.Modifikasi dilakukan pada jumlah lantai dari 3 lantai menjadi 8 lantai, penambahan sekat dinding ruang, dan perubahan pada atap. Pada akhir dari perencanaan ini, diperoleh dimensi balok induk 40/60 cm,balok anak 30/40 cm, kolom 55/55 cm, dinding geser 40 cm, dan pelat tebal 12 cm beserta penulangannya. Dan dari hasil perhitungan tersebut dapat beban vertikal (beban diwujudkan dalam gambar-gambar detail dengan menggunakan program Autocad 2004. Sehingga dengan perencanaan struktur tahan gempa diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna gedung.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 690 Cha m 2007
Uncontrolled Keywords: Sistem rangka gedung (Building Frame System), Shear wall (dinding geser), Gaya Gempa.
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH385 Building layout.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:08
Last Modified: 21 Dec 2022 05:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95258

Actions (login required)

View Item View Item