Wawan Kusdiana, Wawan (2022) Pengaruh Lokasi Penempatan Fin Stabilizer Terhadap Hambatan Dan Konsumsi Bahan Bakar Kapal Berbasis Metode Numerik. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04211860010004-Dissertation.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 March 2025. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Stabilitas merupakan hal yang penting dalam perencanaan pembangunan dan pengoperasian kapal, karena stabilitas dapat berpengaruh pada keselamatan penumpang, muatan dan kapal itu sendiri. Kemampuan olah gerak kapal (seakeeping) merupakan salah satu aspek penting yang berkaitan dengan gerakan kapal dalam merespons pengaruh gaya-gaya luar yang bekerja pada kapal patroli yang dilengkapi dengan senjata yang digunakan sebagai alat pertahanan dan keamanan terutama pada kondisi operasional perairan bergelombang. Dalam upaya meningkatkan kualitas olah gerak kapal, penggunaan sistem anti-roll pada kapal mampu mempengaruhi respons gerakan rolling pada kapal. Salah satu sistem anti-roll adalah fin stabilizer yang terhubung ke ruang kendali dengan konsekuensi adanya tambahan hambatan kapal akibat pemasangan fin sehingga dapat mempengaruhi kecepatan dan konsumsi bahan bakar kapal.
Penelitian studi kasus pada hull kapal patroli 60 meter, dimulai dari data hasil uji resistance test model bare hul dari Lembaga Hidrodinamika Indonesia yang dibandingkan dengan model uji hambatan dengan software maxsurf resistance dan numeca fine marine dengan maksimal error 3%. Model bare hull yang sudah valid di simulasikan dengan variasi penempatan dan bentuk fin di daerah kinerja efektif fin untuk mengetahui resistance tambahan, seakeeping dan konsumsi bahan bakar akibat adanya pemasangan fin. Simulasi menggunakan variasi kecepatan 25 knot – 30 knot, 5 lokasi penempatan fin dan 6 bentuk fin dengan sudut serang fin 0°, 5°, 10°, 15°.
Dari hasil penelitian lokasi penempatan fin dengan nilai hambatan, konsumsi bahan bakar dan seakeeping terbaik diperoleh pada posisi 2 dengan bentuk fin 4 dengan urutan peringkat pada kecepatan 25 knot sebagai berikut untuk peringkat 1 dengan nilai 19,8323 % diperoleh fin 4, peringkat 2 dengan nilai 19,8812% diperoleh fin 2, peringkat 3 dengan nilai 19,8813% diperoleh fin 1, peringkat 4 dengan nilai 19,9030 % diperoleh fin 3, peringkat 5 dengan nilai 20,5022% diperoleh fin 6.
=====================================================================================================================================
Stabilitys is important in planning the construction and operation of ships, because stability can affect the safety of passengers, cargo and the ship itself. The ability to maneuver the ship (seakeeping) is one of the important aspects related to ship movement in responding to the influence of external forces acting on patrol boats equipped with weapons that are used as defense and security tools, especially in surging waters operational conditions. In an effort to improve the quality of ship motion, the use of an anti-roll system on ships is able to affect the response of rolling movements on ships. One of the anti-roll systems is the fin stabilizerwhich is connected to the control room with the consequence of additional ship resistance due to the installation of fins so that it can affect the ship's speed and fuel consumption. Case study research on the hull of a 60-meter patrol boat, starting from the data from the resistance test results of the bare hull model from the Indonesian Hydrodynamic Institute, which was compared with the resistance test model with the Maxsurf resistance and Numeca software.fine marinewith maximum error3%. A valid bare hull model is simulatedwith variations in fin placement and shape in the area of effective fin performance to determine additional resistance, seakeeping and fuel consumption due to fin installation. The simulation uses a speed variation of 25 knots – 30 knots, 5 fin placement locations and 6 fin shapes with fin angles of attack 0°, 5°, 10°, 15°. From the results of the research on the location of the fin placement with the best resistance, fuel consumption and seakeeping values obtained at position 2 withfin shape 4 in order of rank at a speed of 25 knots as follows for rank 1 with a value of 19,8323% obtained fin 4, rank 2 with a value of 19,8812% obtained fin 2, rank 3 with a value of 19,8813% obtained fin 1, rank 4 with a value of 19,9030% obtained fin 3, rank 5 with a value of 20,5022% obtained fin 6.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fin stabilizer, Resistance, Seakeeping. |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36001-(S3) PhD Theses |
Depositing User: | Wawan Kusdiana |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 06:57 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 06:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/95259 |
Actions (login required)
View Item |