Desain Dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor Brushless Dc 7 Hp Menggunakan Metode Direct Torque Control Dengan Ripple Suppression

Rayhan, Muhamad Faris (2023) Desain Dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor Brushless Dc 7 Hp Menggunakan Metode Direct Torque Control Dengan Ripple Suppression. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000134-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000134-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sejak dekade terakhir, mobil listrik berkembang begitu pesat. Salah satu bagian penggerak pada mobil listrik merupakan Motor Brushless DC (BLDC). Penggunaan motor BLDC sangat dibutuhkan karena motor ini memiliki rugi-rugi mekanik yang rendah, hal tersebut diakibatkan motor ini tidak menggunakan sikat, tidak seperti motor DC konvensional. Namun dalam pengoperasianya masih terdapat ripple yang dikelurkan oleh control atau drive motornya sehingga efisiensi output putaran motor baik torsi dan kecepatan tidak sempurna. Salah satu cara mengoprasikan motor BLDC yaitu dengan metode Direct Torque Control. Metode DTC menjadi populer untuk mengokntrol motor BLDC karena menyediakan respon torsi dinamis yang cepat, variable yang dikontrol dalam DTC ini adalah fluks dan torsi. Nilai input yang diukur ke kontrol DTC merupakan arus dan tegangan sebelum terhubung dengan inverter. Output torsi dari DTC ini memiliki riak (ripple) yang cukup tinggi seiring dengan pemberian beban yang semakin besar sehingga perubahan beban motor mempegaruhi ωr. Ripple Torsi yang mempengaruhi kecepatan dari rotor tersebut harus diberikan sebuah rangkaian tambahan yaitu Ripple Suppression. Rangkaian tambahan ini akan menekan ripple sehingga torsi dan kecepatan dari motor BLDC akan lebih baik. Oleh karena itu, tugas akhir ini akan membahas mengenai desain dan simulasi dari motor BLDC menggunakan metode direct torque control dengan ripple suppression yang diharapkan dapat menghasilkan output dari motor BLDC yang lebih efisien diakibatkan riak torsi pada motor sudah dikurangi dengan rangkaian ripple suppression. Pengaruh DTC dan control kecepatan menyebabkan kecepatan motor mendekati nilai referensi yang diberikan dengan nilai torsi yang bervariasi dan menghasilkan torsi ripple yang cukup besar. Hasil simulasi pengaruh ripple torque yang mempengaruhi nilai kecepatan motor, daya output motor, dan efisiensi motor. Kondisi simulasi untuk sistem ini adalah motor tanpa beban, motor dengan torsi konstan tetapi kecepatan bertambah, dan motor dengan kecepatan konstan tetapi torsi berubah. Kecepatan motor meningkat 3-5 RPM saat mengalami penekanan ripple, daya motor meningkat 3-10 Watt saat mengalami penekanan ripple, dan efisiensi motor meningkat 0,5-2% saat mengalami penekanan riak. Kenaikan nilai terjadi akibat penekanan ripple torsi motor.
====================================================================================================================================
Since the last decade, electric cars have developed rapidly. One of the driving part component in electric car is DC Brushless Motor (BLDC). The usage of BLDC motors is needed because these type of motors have low mechanical losses, this is because this type of motors doesn’t use brushes, unlike the conventional DC motors. However, in the operation, there are still ripple released by the control or motor drive, with the result that the efficiency of the motor rotation output, both torque and speed, is not perfect. One way to operate BLDC motor is the Direct Torque Control method. DTC Method become popular for controlling BLDC motor because it provides a fast dynamic torque response, the variables controlled in DTC are flux and torque. The measured input values to the DC control are the current and voltage before connected to the inverter. The torque output from this DTC has a fairly high ripple along with the increasing load so that changes in motor load affect ωr. Ripple Torque that affects the speed of the rotor must be given an additional circuit, namely Ripple Suppression. This additional circuit will suppress the ripple so the torque and speed of the BLDC motor will be better. Therefore, this final project will examine about design and simulation of BLDC motor using direct torque control method with ripple suppression which are expected to generate a more efficient output from BLDC Motor caused by the torque ripple on motor has been reduced by ripple suppression circuit. The influence of DTC and speed control causes the motor speed to approach the given reference value with varying torque values and produces quite large torque ripple. The simulation results of the effect of ripple torque affect the value of motor speed, motor output power, and motor efficiency. The simulation conditions for this system are a motor without load, a motor with constant torque but increasing speed, and a motor with constant speed but changing torque. Motor speed increases 3-5 RPM when subjected to ripple suppression, motor power increases 3-10 Watt when subjected to ripple suppression and motor efficiency increases 0.5-2% when subjected to ripple suppression. The increase in value occurs due to suppression of motor torque ripple.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: BLDC, DTC, Torsi, Ripple, Speed, BLDC, DTC, Torsi, Ripple, Kecepatan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhamad Faris Rayhan
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:30
Last Modified: 27 Jan 2023 04:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95697

Actions (login required)

View Item View Item