Perkasa, Andika Rivaldi (2023) Analisis Personal Growth Initiative Terhadap Entrepreneurial Identity Pelaku UMKM Dalam Upaya Mengelola Dan Mengembangkan Bisnis. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
09111940000029-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaku UMKM merupakan individu yang menjalankan peran kewirausahaan selalu diharapkan untuk dapat mempertahankan serta mengembangkan bisnis yang dikelola. Personal growth initiative merupakan suatu konsep upaya untuk memantik diri pelaku UMKM dalam proses pemenuhan harapan tersebut melalui keterlibatan dalam pertumbuhan pribadi diri secara positif, dan memperkuat niat untuk terus mengembangkan diri melalui aspek kesiapan mengubah diri, perencanaan, perilaku intensional, dan penggunaan sumber daya. Pelaku UMKM dengan personal growth initiative yang baik akan lebih mampu memahami diri sebagai seorang pelaku wirausaha sehingga, dapat mengungkap sebuah identitas sosial yaitu entrepreneurial identity yang mengandung nilai dan tujuan melakukan kegiatan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mengungkap suatu realita dan mengembangkan suatu pemahaman dengan meneliti makna secara subyektif yang diberikan individu terhadap tindakannya. Proses analisis pengungkapan menggunakan MAXQDA dari 4 orang partisipan dengan situasi sosial yang sama yaitu pelaku usaha yang mengolah hasil laut serta berasal dan bertempat tinggal di wilayah pesisir. Pada penelitian ini terungkap bahwa personal growth initiative memengaruhi pembentukan entrepreneurial identity meskipun tidak secara penuh. Sehingga, pelaku UMKM perlu untuk lebih mengembangkan potensi diri sebagai upaya dalam meningkatkan pemenuhan identitas sosial mereka sebagai seorang pelaku usaha
=============================================================================================================================
MSMEs owners is individuals who carry out an entrepreneurial role and are always expected to be able to maintain and develop the business they manage. The personal growth initiative is a concept of an effort to spark MSMEs owners in the process of fulfilling these expectations through involvement in positive personal growth and strengthening the intention to continue to develop themselves through aspects of self-transformation readiness, planning, intentional behavior, and use of resources. MSMEs owners with good personal growth initiatives will be better able to understand themselves as entrepreneurs so that they can reveal a social identity, namely entrepreneurial identity that contains values and goals for carrying out entrepreneurial activities. This research is qualitative research with a phenomenological approach that uncovers a reality and develops an understanding by examining the subjective meaning given by individuals to their actions. The disclosure analysis process uses MAXQDA from 4 participants with the same social situation, namely business actors who process marine products and originate and live in coastal areas. In this study it was revealed that personal growth initiatives influence the formation of entrepreneurial identity, although not completely. Therefore, MSMEs owners need to further develop their potential as an effort to increase the fulfillment of their social identity as a business actor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, MSME’s, Personal Growth Initiative, Entrepreneurial Identity, Kualitatif Fenomenologi, Qualitative Phenomenology, MAXQDA. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615 Entrepreneurship. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Andika Rivaldi Perkasa |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 01:43 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 01:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/95924 |
Actions (login required)
View Item |