Analisis Pengaruh Tambahan Plastik Low-Density Polyethylene (LDPE) Terhadap Karakteristik Aspal Pen 60/70 Sebagai Lapis Perkerasan Runway Bandara Udara Juanda

Kartikasari, Sofia Putri (2023) Analisis Pengaruh Tambahan Plastik Low-Density Polyethylene (LDPE) Terhadap Karakteristik Aspal Pen 60/70 Sebagai Lapis Perkerasan Runway Bandara Udara Juanda. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000116-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000116-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan pada landas pacu bandar udara sering terjadi di beberapa Bandara di Indonesia, salah satunya pada Bandara Internasional Juanda yang terdapat kerusakan potholes dan block cracking pada laporan inspeksi fasilitas sisi udara terakhirnya di Tahun 2021. Kerusakan ini terdapat pada bagian lapisan perkerasan runway dengan menggunakan aspal PEN 60/70 dan biasanya terjadi karena adanya beban berulang terjadi pada lapis perkerasan. Permasalahan lain merupakan adanya suhu tinggi yang dapat terjadi pada kota Surabaya yang dapat mencapai suhu 38ºC dan suhu maximum permukaan aspal yang terjadi dapat mencapai 62ºC. Disamping itu terdapat peraturan baru dari presiden RI Joko Widodo untuk menghentikan impor aspal dari luar negeri mulai tahun 2024, dan di Indonesia sendiri memiliki perusahaan pengolah minyak untuk produksi aspal yaitu Pertamina, namun penggunaannya masih jarang untuk diaplikasikan untuk lapis perkerasan runway. Di sisi lain, menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) terdapat permasalahan lingkungan yang cukup mengkhawatirkan yaitu adanya timbulan sampah sebanyak 18.687.590.73 ton/tahun dimana jenis penyumbang sampah terbesar peringkat kedua merupakan sampah plastik. Karena adanya permasalah tersebut maka akan dilakukan serangkaian percobaan mix design antara aspal PEN 60/70 produk impor Shell dan produk dalam negeri Pertamina dengan plastik jenis Low-Density Polyethylene (LDPE) untuk menghasilkan jenis aspal dengan karakteristik yang lebih baik dan sesuai spesifikasi Federal Aviation Administration (FAA). Terdapat studi yang menyatakan bahwa LDPE merupakan material yang bersifat high durability sehingga penggunaannya dipilih untuk campuran mix design dalam meningkatkan kualitas aspal PEN 60/70. Tahap Percobaan dilakukan dengan mencampurkan plastik LDPE sebanyak 0%,1%,2%,3%,4%,5%,6% ke dalam aspal Pen 60/70 dan didapatkan hasil karakteristik optimum dicapai dengan penambahan 6% LDPE. Kemudian, dibuat campuran mix design untuk jenis produk aspal Shell dan Pertamina dengan tambahan presentase LDPE optimum dan diperoleh nilai KAO sebesar 4,80% untuk kedua jenis produk aspal. Hasil penelitian menunjukkan dari campuran dengan KAO 4,80% didapatkan hasil stabilitas campuran dengan penambahan LDPE sebanyak 6% lebih tinggi yaitu sebesar 1771,54 kg untuk produk Pertamina dan 1815,61 kg untuk produk Shell. Nilai stabilitas campuran aspal produk dalam negeri tidak lebih tinggi dari campuran aspal produk impor, tetapi telah memenuhi spesifikasi Federal Aviation Administration (FAA)
====================================================================================================================================
Damage to airport runways often occurs at several airports in Indonesia, one of which is Juanda International Airport, which has potholes and block cracking damage in its last airside facility inspection report in 2021. This damage is found in the pavement layer of the runway using PEN 60/70 asphalt and usually occurs due to repeated loads occurring on the pavement layer. Another problem is the existence of high temperatures that can occur in the city of Surabaya which can reach a temperature of 38ºC and the maximum temperature of the asphalt surface that occurs can reach 62ºC. In addition, there is a new regulation from the President of the Republic of Indonesia Joko Widodo to stop importing asphalt from abroad starting in 2024, and in Indonesia itself has an oil processing company for asphalt production, namely Pertamina, But its use is still rare to apply to runway pavement layers. On the other hand, according to the National Waste Management Information System (SIPSN) there is an environmental problem that is quite worrying, namely the generation of waste as much as 18,687,590.73 tons / year where the second largest type of waste contributor is plastic waste. Because of this problem, a series of mix design experiments will be carried out between PEN 60/70 asphalt imported Shell products and Pertamina's domestic products with Low-Density Polyethylene (LDPE) type plastic to produce asphalt types with better characteristics and according to Federal Aviation Administration (FAA) specifications. There are studies that state that LDPE is a high durability material so its use was chosen for mix design in improving the quality of PEN 60/70 asphalt. The experimental phase was carried out by mixing LDPE plastic as much as 0%,1%,2%,3%,4%,5%,6% into Pen 60/70 asphalt and obtained optimum characteristic results achieved with the addition of 6% LDPE. Then, a mix design mixture was made for shell and Pertamina asphalt products with an additional optimum LDPE percentage and obtained a KAO value of 4.80% for both types of asphalt product. The results showed that from the mixture with 4.80% KAO, stability results were obtained with the addition of LDPE as much as 6% higher, namely 1771.54 kg for Pertamina products and 1815.61 kg for Shell products. The stability value of the asphalt mixture of domestic products is not higher than the asphalt mixture of imported products, but it has met the specifications of the Federal Aviation Administration (FAA).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aspal PEN 60/70, Low Density Polyethylene (LDPE), Marshall, Pertamina, Shell
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sofia Putri Kartikasari
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:45
Last Modified: 02 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96040

Actions (login required)

View Item View Item