Rancangan Peningkatan Fasilitas Tambat Dan Fasilitas Bongkar Muat Pada Stasiun Pengisian LNG (Plant 26) Di Area Cargo Dock Kilang LNG Bontang, Kalimantan Timur

Ramadhan, Syahrul Fakhri (2023) Rancangan Peningkatan Fasilitas Tambat Dan Fasilitas Bongkar Muat Pada Stasiun Pengisian LNG (Plant 26) Di Area Cargo Dock Kilang LNG Bontang, Kalimantan Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000084-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111840000084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan gas bumi Indonesia ditargetkan memiliki porsi sebesar 22,3% dalam bauran energi tahun 2025 dan diproyeksikan meningkat menjadi 24,0% pada tahun 2050 (Peraturan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2017). Dalam mendukung program pemerintah untuk pemanfaatan gas bumi nasional dan konversi BBM tersebut, PT Pertamina Gas bersinergi dengan PT Badak NGL untuk mengembangkan stasiun pengisian LNG di area cargo dock Kilang LNG Bontang. Dengan demikian, akan terdapat perubahan fungsi operasional pada cargo dock yang sebelumnya hanya digunakan untuk operasional bersandar kapal general cargo 5000 DWT paling banyak dua kali dalam setahun menjadi stasiun pengisian LNG untuk menunjang pasokan LNG skala kecil via laut. Oleh karena itu, cargo dock harus mampu digunakan untuk bersandar ISO-tank carrier (kapal general cargo 7200 DWT), lalu lintas rutin truk ISO-tank 40 ft, rencana penambahan HMC (harbour mobile crane), serta rencana penumpukan ISO-tank 40 ft di sekitar cargo dock beserta reach staker. Tugas akhir ini merupakan perancangan lebih lanjut berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dalam rangka peningkatan fasilitas pelabuhan agar cargo dock mampu melayani perubahan fungsi operasional yang direncanakan, yaitu dialih-fungsikan menjadi stasiun pengisian LNG. Perancangan yang akan dilakukan berfokus pada fasilitas tambat berupa fender, bollard, capping beam, dan sheet pile; serta fasilitas bongkar muat berupa pelat, balok, dan tiang pancang. Proses perancangan fasilitas tambat dan fasilitas bongkar muat tersebut dapat dilakukan secara paralel. Adapun standar teknis yang digunakan mengacu pada standar nasional maupun internasional yang berkaitan dengan fasilitas pelabuhan. Dari studi ini akan dihasilkan rancangan peningkatan fasilitas tambat dan fasilitas bongkar muat pada cargo dock yang sesuai kondisi desain sebagai stasiun pengisian LNG. Hasil rancangan fasilitas tambat meliputi: penambahan sheet pile dan capping beam baru, serta penggantian fender dan bollard eksisting. Sheet pile menggunakan profil SPSP 700-14 L-T Type 75 dengan panjang total 30,00 m. Capping beam menggunakan beton bertulang dengan dimensi 3,00 m x 1,50 m. Fender menggunakan SCN1000 F1.1 dengan energi absorbsi sebesar 351,20 kN.m dan gaya tumbukan sebesar 625,67 kN. Bollard menggunakan Tee Bollard 50 ton. Detail lainnya ditampilkan pada sub bab 5.1. Hasil rancangan fasilitas bongkar muat meliputi: penambahan tiang pancang di tengah-tengah tiang pancang eksisting di sepanjang lintasan HMC rencana, serta pembongkaran pelat dan balok eksisting yang kemudian dibangun kembali dengan dimensi lebih tebal 10 cm dari sebelumnya. Tiang pancang menggunakan profil SPP 600-12 dengan panjang total 26,00 m. Detail lainnya ditampilkan pada sub bab 5.1
=====================================================================================================================================
The presence of Indonesia's natural gas is targeted to have a share of 22.3% in t2025 energy mix and is projected to increase to 24.0% in 2050 (Peraturan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2017). In supporting the government's program for the utilization of natural gas and fuel conversion, PT Pertamina Gas synergizes with PT Badak NGL to develop an LNG filling station on the cargo dock area of Bontang LNG Refinery. Thus, there will be a change in the operational function of the cargo dock which was previously used for 5000 DWT general cargo shipboarding operations of at most twice a year to become LNG filling stasion to support small-scale LNG supply by sea. Therefore, the cargo dock must be able to support ISO-tank carrier (7200 DWT general cargo ship), routine traffic of 40 ft ISO-tank trucks, HMC (harbour mobile cranes), stocking of ISO-tank 40 ft around the cargo dock including reach staker. This final project is a further design based on the previous studies results in context of port facilities improvement so that the cargo dock of Bontang LNG Refinery can serve the planned operational function changes, as LNG filling station. The design that will be carried out focuses on mooring facilities including fenders, bollards, capping beams, and sheet piles; as well as cargo-sorting facilities including slabs, beams, and piles. The process of designing mooring facilities and cargo sorting facilities can be carried out in parallel. The technical standards used refers to either national or international codes related to port facility. From this study, design of mooring and cargo-sorting facilities improvement at the cargo dock will be produced according to the design conditions as an LNG filling station. The results of the mooring facility design including adding new sheet piles and capping beams, as well as replacing the existing fenders and bollards. Sheet pile using SPSP 700-14 L-T Type 75 profile with a total length of 30,00 m. Capping beam using reinforced concrete with dimensions of 3,00 m x 1,50 m. Fender usibg SCN1000 F1.1 with the absorbtion energy of 351,20 kN.m and berthing force of 625,67 kN. Bollard using Tee Bollard with 50 ton capacity. Other details are shown in chapter 5.1. The results of the cargo-sorting facility including adding new piles in the middle of existing piles span along the planned HMC track, as well as the demolition of the existing slabs and beams which are then rebuilt with dimensions 10 cm thicker than before. The piles use SPP 600-12 profiles with a total length of 26.00 m. Other details are shown in chapter 5.1

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bontang, Cargo Dock, Fasilitas Tambat, Fasilitas Bongkar Muat, LNG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA780 Piles and pile-driving
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syahrul Fakhri Ramadhan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:10
Last Modified: 03 Feb 2023 02:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96128

Actions (login required)

View Item View Item