Perancangan Karakter pada Serial Animasi Edukasi Bertema Astronomi Untuk Siswa Sekolah Dasar

Annam, Khoirul (2023) Perancangan Karakter pada Serial Animasi Edukasi Bertema Astronomi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000010-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Astronomi merupakan salah satu subjek turunan dari ilmu sains. Kemajuan astronomi dan ilmu sains lainnya berkaitan erat dengan kemajuan IPTEK suatu bangsa. Namun, terdapat keterbatasan seperti kurangnya fasilitas belajar yang menunjang pembelajaran astronomi di sekolah. Ditambah lagi ,subjek pelajaran yang memiliki banyak teori dan istilah, pelajaran sains menjadi salah satu subjek yang sulit untuk disukai apalagi dikuasai siswa. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan media animasi. Animasi dapat memberikan ilustrasi langsung terhadap bagian pembelajaran yang dirasa rumit. Oleh karena itu medium animasi dipilih untuk memperkenalkan materi astronomi. Untuk mendukung perancangan animasi, diperlukan perancangan karakter sebagai cara penyampaian informasi astronomi. Desain karakter memiliki peranan penting dalam menyampaikan alur cerita dan pesan bagi target audien. Selain itu, desain karakter yang baik akan membuat animasi menjadi lebih nyata dan imersif. Perancangan ini menggunakan dua metode riset yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Riset yang dilakukan akan digunakan sebagai referensi konten dan visual dalam perancangan animasi ini. Untuk metode kualitatif, digunakan analisis kompetitor dan komparator, depth interview, studi foto, dan studi literatur. Analisis kompetitor dan komparator digunakan untuk mencari referensi konten berupa penyampaian cerita, keinginan target pasar dan referensi visual yang disenangi target audiens. Depth Interview dan studi literatur digunakan untuk menggali teori dan ilmu yang akan digunakan dalam pembuatan konten dan naskah cerita. Studi foto dan observasi digunakan sebagai acuan desain karakter dalam animasi agar sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk metode kuantitatif, digunakan strategi riset berupa penyebaran kuesioner kepada target audiens siswa sekolah dasar. Kuesioner digunakan untuk mengetahui keadaan psikografis, dan animasi yang disukai oleh target audiens. Luaran media yang akan dirancang adalah animasi edukasi astronomi dengan pendekatan edutaintment. Konsep dari karakter yang dirancang adalah diverstias sosisal sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Perancangan ini menghasilkan luaran desain karakter yang untuk animasi astronomi bagi siswa sekolah dasar. Karakter tersebut berupa konsep 2D dan asset 3D siap pakai
======================================================================================================================================
Astronomy is one of the derivative subjects of science. The progress of astronomy and other sciences is closely related to the progress of a nation's science and technology. However, there are limitations such as the lack of learning facilities that support astronomy learning in schools. In addition, because the subject has many theories and terms, science is a subject that is difficult for students to like or master. One way to overcome this problem is with animation media. Animation can provide direct illustrations of parts of learning that are considered complicated. Therefore, the animation medium was chosen to introduce astronomy material. To support animation design, it is necessary to design characters as a way of conveying astronomical information. Character design has an important role in conveying storylines and messages for the target audience. In addition, good character design will make the animation more real and immersive. This design uses two research methods, namely qualitative and quantitative methods. The research conducted will be used as a content and visual reference in designing this animation. For qualitative methods, competitor and comparator analysis, in-depth interviews, photo studies, and literature studies are used. Competitor and comparator analysis is used to find content references in the form of storytelling, target market desires and visual references that are liked by the target audience. Depth interviews and literature studies are used to explore theory and knowledge that will be used in creating content and story scripts. Photo studies and observations are used as a reference for character designs in animation to suit everyday life. As for the quantitative method, a research strategy was used in the form of distributing questionnaires to the target audience of elementary school students. The questionnaire is used to find out the state of psychographics and animations that are liked by the target audience. The media output that will be designed is astronomy education animation with an edutainment approach. The concept of the characters designed is social diversity in accordance with the motto of the Indonesian nation, Bhinneka Tunggal Ika. This design produces an output character design for astronomy animation for elementary school students. These characters are ready-to-use 2D concepts and 3D assets

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 741.5 Ann p-1 2023
Uncontrolled Keywords: Animasi, Edukasi, Astronomi, Desain Karakter, Sekolah Dasar Animation, Education, Astronomy, Character Design, Elementary School
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Khoirul Annam
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:55
Last Modified: 01 Sep 2023 05:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96787

Actions (login required)

View Item View Item