Evaluasi Kinerja Kapal - Kapal Pada Armada Samudera Indonesia Berbasis Energy Efficiency

Wiliyan, Ricco (2023) Evaluasi Kinerja Kapal - Kapal Pada Armada Samudera Indonesia Berbasis Energy Efficiency. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6019211001-Master_Thesis.pdf] Text
6019211001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Efek Gas Rumah Kaca (GRK) adalah sebuah fenomena yang disebabkan oleh jumlah CO2 yang berlebihan dan secara terus menerus dapat merusak ozon bumi. Kapal adalah moda transportasi yang lazim dipergunakan dimana memberikan kontribusi yang signifikan cukup besar terhadap emisi CO2 secara global, diperkirakan sekitar 1.6 – 4.1%. Salah satu strategi International Maritime Organization (IMO) adalah mengurangi Carbon Intensity sebesar 40% pada tahun 2030 dan sepenuhnya pada tahun 2100 melalui konvensi Pencemaran Laut (Annex VI). Selain itu, pada tahun 2023, kapal yang ada di atas 400 GT akan tunduk pada peraturan Energy Efficiency for Existing Ship (EEXI) dan Carbon Intensity Index (CII). Menurut NKClass, sekitar 6050 kapal akan terpengaruh dengan peraturan ini, 80% kapal container dan 69% kapal tanker perlu disesuaikan secara teknis serta operasional untuk mematuhinya. Salah satu metode kepatuhan adalah penggunaan Engine Power Limitation (EPL). Pada penelitian ini mengkaji dampak peraturan Energy Efficiency for Existing Ship (EEXI) dan Carbon Intensity Index (CII) terhadap kapal container dan kapal tanker dari sisi operasional, tujuannya adalah untuk mengklarifikasi tindakan yang diperlukan bagi shipowner dan pemangku kepentingan lainnya untuk mematuhi program pengurangan CO2 sambil mengoptimalkan kinerja dan proses bisnis tetap berjalan. Dari beberapa sampel kapal yang sudah dilakukan penelitian simulasi perhitungan, hanya 20% yang berhasil mendapatkan rating C pada tahun 2019, 60% pada tahun 2020 dan kembali 20% ditahun 2021. Hasil simulasi perhitungan ini menandakan bahwa shipowner harus tetap berkomitmen untuk menjalankan upaya upaya penurunan gas emisi karbon sesuai yang dianjurkan oleh International Maritime Organization (IMO)
==================================================================================================================================
The Greenhouse Gas (GHG) Effect is a phenomenon caused by an excessive amount of CO2 which continuously destroys the earth's ozone. Ships are a commonly used mode of transportation which contributes significantly to global CO2 emissions, estimated at around 1.6 – 4.1%. One of the strategies of the International Maritime Organization (IMO) is to reduce Carbon Intensity by 40% in 2030 and fully in 2100 through the Marine Pollution Convention (Annex VI). In addition, by 2023, existing ships over 400 GT will be subject to the Energy Efficiency for Existing Ship (EEXI) and Carbon Intensity Index (CII) regulations. According to NKClass, around 6050 ships will be affected by this regulation, 80% of container ships and 69% of tankers will need to be technically and operationally adjusted to comply. One of the compliance methods is the use of Engine Power Limitation (EPL). This research examines the impact of Energy Efficiency for Existing Ship (EEXI) and Carbon Intensity Index (CII) regulations on container ships and tankers from an operational standpoint, the aim is to clarify the actions required for shipowners and other stakeholders to comply with CO2 reduction programs while optimize performance and keep business processes running. From several sample ships that have carried out calculation simulation research, only 20% managed to get a C rating in 2019, 60% in 2020 and 20% return in 2021. The results of this calculation simulation indicate that the ship owner must remain committed to carrying out efforts to reduce carbon emissions as recommended by the International Maritime Organization (IMO).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CII, Carbo Emission, GHG, EEXI, EPL
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Ricco Wiliyan
Date Deposited: 11 Feb 2023 14:32
Last Modified: 11 Feb 2023 14:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96794

Actions (login required)

View Item View Item