Kurniawan, Candra (2023) Analisis Bentuk Baffle Terhadap Stabilitas Kendaraan Truk Tangki Oval Pada Kondisi Double Line Change. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02111840000010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 July 2025. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan tangki umumnya digunakan dalam membawa berbagai macam kargo cair, terutama yang bersifat berbahaya, seperti produk kimia dan minyak bumi, dari analisis statistik menunjukan bahwa hampir 80% truk tangki mengangkut produk kimia, salah satunya bahan bakar minyak. Truk tangki merupakan salah satu kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan bahan bakar minyak melalui jalur darat, akan tetapi truk tangki yang membawa muatan cairan lebih rawan terjadi kecelakaan rollover, dikarenakan bahan cair yang tidak terisi penuh akan menimbulkan gerakan priodik permukaan bebas cair dalam tangki atau kontainer, fenomena ini sering disebut sloshing yang dapat mengakibatkan adanya gaya tambahan saat proses pengereman, berakselerasi, atau berbelok. Sudah dilakukannya berbagai studi mengenai sloshing pada truk tangki, akan tetapi dari berbagai studi yang sudah dilakukan memiliki kekuarangan yaitu tidak mengamati stabilitas kendaraan yang terjadi akibat sloshing yang terjadi dan lebih sering menggunakan teori quasi-statik¬ dimana teori tersebut hanya berlaku untuk unbaffle.Pada penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan analisa stabilitas kendaraan dan menganalisa pengaruh posisi lubang pada baffle dengan variasi kecepatan dan model baffle. Pada penelitian ini dilakukan simulasi motion study untuk mendapatkan percepatan pada kendaraan sebagai input pada simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) yang bertujuan untuk mendapatkan gaya dan momen yang nantinya digunakan untuk perhitungan stabilitas. Dari tugas akhir ini, dihasilkan karakteristik kendaraan truk tangki pada kondisi double line change berupa grafik gaya lateral, gaya longitudinal, momen rolling, dan momen pitching, dimana dari hasil simulasi didapatkan model baffle ketiga lebih bagus dari model lain dikarenakan lebih cepat meredam osilasi sloshing dan memiliki nilai momen dan gaya yang lebih kecil. Dari hasil simulasi digunakan untuk menhitung stabilitas kendaraan, dimana mulai dari kecepatan 50 km/h kendaraan sudah mengalami skid dan guling, dimana hal ini terjadi dikarenakan radius pada pemodelan ini terlalu kecil yang menyebabkan gaya yang dihasilkan fluida dan kendaraan sangatlah besar pada kecepatan tinggi.
======================================================================================================================================
Tank vehicles are generally used in carrying various kinds of liquid cargo, especially those that are dangerous, such as chemical and petroleum products, from statistical analysis shows that almost 80% of tank trucks transport chemical products, one of which is fuel oil. Tank trucks are one of the vehicles used to distribute fuel oil by land, but tank trucks carrying liquid loads are more prone to rollover accidents because liquid material that is not filled will cause periodic movements of the free liquid surface in tanks or containers. this phenomenon is often called sloshing which can result in additional force when braking, accelerating, or turning. Various studies have been carried out on sloshing in tank trucks. Still, the various studies that have been carried out have drawbacks, namely not observing vehicle stability that occurs as a result of sloshing that occurs and more often using quasi-static theory where the theory only applies to unbaffled.This research was carried out to obtain an analysis of vehicle stability and analyze the influence of the position of the holes on the baffle with variations in speed and baffle models. In this research, a motion study simulation was carried out to obtain acceleration on the vehicle as input to a Computational Fluid Dynamics (CFD) simulation which aims to obtain forces and moments which will later be used for stability calculations. From this final project, the characteristics of a tanker truck vehicle are generated in the double line change condition in the form of lateral force, longitudinal force, rolling moment, and pitching moment graphs, where from the simulation results it is found that the baffle 3 model is better than the other models because it dampens sloshing oscillations faster and have smaller moment and force values. The simulation results are used to calculate vehicle stability, where starting from a speed of 50 km/h the vehicle has experienced skid and roll, where this occurs because the radius in this modeling is too small which causes the force generated by the fluid and the vehicle to be huge at high speeds.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sloshing, truk tangki, rollover, stabilitas kendaraan, CFD, tank truck, vehicle stability |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357.5.S57 Sloshing T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Candra Kurniawan |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 13:17 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 13:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/97570 |
Actions (login required)
View Item |