Ricktanata, Agra Dunung (2023) Analisis Pengaruh Variasi Geometri Pontoon Dan Mooring Line Terhadap Respon Hidrodinamik Pada Marine Floating Photovoltaic (Marine FPV) 30 Kwp. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02311940000109_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini menganalisis pengaruh variasi geometri pontoon dan mooring line terhadap respon hidrodinamik pada Marine FPV 30 kWp menggunakan metode Simulasi CFD. Variasi-variasi yang digunakan adalah bentuk geometri pontoon, jumlah mooring line, gelombang irregular, dan kedalaman perairan. Penelitian menunjukkan bahwa penambahan pontoon dengan geometri Breakwater, Cylindrical, dan Rectangular menghasilkan respon hidrodinamik yang lebih rendah dibandingkan Model Purefloat. Model Breakwater menunjukkan penurunan respon hidrodinamik yang paling signifikan sebesar 59% pada keenam derajat kebebasan (DOF), diikuti oleh Model Rectangular (56%) dan Cylindrical (47%). Selain itu, penggunaan 6 mooring line juga dapat mengurangi dampak eksitasi gelombang dan respons hidrodinamik pada keenam DOF. Penambahan mooring line rata-rata menghasilkan penurunan sebesar 27% pada nilai RAO dan 9% pada mooring line tension. Penelitian ini memberikan wawasan penting dalam desain dan pengembangan sistem Marine FPV yang efisien dan dapat diandalkan, serta menjadi panduan praktis bagi industri energi terbarukan dalam meningkatkan kinerja dan keberlanjutan sistem Marine FPV
Actions (login required)
View Item |