Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Layanan Buy Online Pick-up in Store Menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling

Rahmasita, Elsa Syafira (2023) Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Layanan Buy Online Pick-up in Store Menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000145_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000145_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, intensitas masyarakat untuk berbelanja secara daring meningkat secara pesat. Dengan adanya e-commerce, strategi omnichannel ini dapat meningkatkan keuntungan suatu perusahaan karena opsi pemenuhan pesanan yang lebih baik pada pembelian suatu produk secara online. Intensitas pembelian suatu produk merupakan hal yang menjadi pusat utama pelanggan saat bertransaksi secara daring. Perusahaan dapat memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan terkait dengan layanan yang diberikan pada saat berbelanja secara daring. Salah satu bentuk implementasi dari strategi omnichannel adalah perusahaan yang mengadopsi layanan Buy Online Pick-up in Store (BOPS). Dalam omnichannel, BOPS menjadi komponen penting dari strategi dan bisnis model ritel yang dapat menghasilkan peningkatan penjualan. BOPS merupakan sebuah fenomena yang relatif masih baru. Sistem yang dikembangkan pada layanan ini adalah pelanggan dapat mencari produk yang diinginkan pada aplikasi secara online dan perusahaan tersebut akan mengecek ketersediaan produk pada toko offline yang dipilih oleh pelanggan. Penerapan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) ini dapat membuat pelanggan merasa aman dengan tidak mengantre terlebih dahulu saat mengambil produk pada perusahaan. Penerapan aplikasi layanan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) terbilang relatif masih baru diterapkan di Indonesia. Sehingga, pihak Kopi Kenangan diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan efektivitas dari penerapan aplikasi layanan BOPS dilihat dari persepsi pengguna dan intensitas penggunaan layanan tersebut. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan struktural pengaruh dari variabel-variabel yang memengaruhi peningkatan efektivitas intensi penggunaan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) dengan menganalisis faktor yang memengaruhi dan memberikan rekomendasi pengembangan faktor yang berpengaruh sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan intensi pengguna. Penelitian Tugas Akhir dilakukan menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan model yang diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Kim et al tahun 2017. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu aspek keuntungan relatif, kompatibilitas, dan pengaruh sosial memiliki berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap intensi penggunaan layanan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) pada aplikasi Kopi Kenangan. Aspek kenyamanan lokasi juga dapat memperkuat secara signifikan antara hubungan kompatibilitas dengan intensi penggunaan layanan BOPS. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan penyedia layanan Buy Online Pick-up in Store (BOPS) untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi peningkatan efektivitas intensi pengguna layanan BOPS yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengerjakan rekomendasi serta sebagai referensi untuk penelitian terkait.
================================================================================================================================
As technology develops, the intensity of people shopping online is increasing rapidly. With e-commerce, this omnichannel strategy can increase a company's profits due to better order fulfillment options for purchasing a product online. The intensity of purchasing a product is the focus for customers when transacting online. Companies can understand what customers really want in relation to the services provided when shopping online. One form of implementation of the omnichannel strategy is a company that adopts the Buy Online Pick-up in Store (BOPS) service. In omnichannel, BOPS is an important component of retail strategy and business models that can generate increased sales. BOPS is a relatively new phenomenon. The system developed for this service is that customers can search for the desired product on the application online and the company will check product availability at the offline store chosen by the customer. The implementation of Buy Online Pick-up in Store (BOPS) can make customers feel safe by not queuing up first when picking up products at the company. The application of Buy Online Pick-up in Store (BOPS) service application is relatively new in Indonesia. So, Kopi Kenangan needs to identify what factors can increase the effectiveness of implementing the BOPS service application in terms of user perceptions and the intensity of using the service. This final project research aims to identify the structural relationship of the influence of the variables that affect the effectiveness of the intention to use Buy Online Pick-up in Store (BOPS) by analyzing the influencing factors and providing recommendations for the development of factors that have a significant effect as a form of effort to increase the intention user. The final project research was carried out using the Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method using a model adopted from research conducted by Kim et al in 2017. Data collection was carried out using a questionnaire distributed online. The results obtained from this study, namely the aspects of relative advantage, compatibility, and social influence have a significant and positive effect on the intention to use the Buy Online Pick-up in Store (BOPS) service on the Kopi Kenangan application. The location convenience aspect can also significantly strengthen the compatibility relationship with the intention to use BOPS services. This research is expected to be useful for Buy Online Pick-up in Store (BOPS) service providers to find out the factors that can influence the effectiveness of BOPS service user intentions which can be used as a reference in making recommendations and as a reference for related research.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Buy Online Pick-up in Store, Intensitas Pengguna, Partial Least Square-Structural Equation Modeling, Diffusion of Innovations (DOI Theory)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Elsa Syafira Rahmasita
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:20
Last Modified: 21 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98721

Actions (login required)

View Item View Item