Optimasi Waktu dan Biaya Proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 dengan Metode Time Cost Trade Off

Azmia, El Alivi Nur (2023) Optimasi Waktu dan Biaya Proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 dengan Metode Time Cost Trade Off. Other thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000120-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000120-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 merupakan salah satu proyek yang mengalami keterlambatan penyelesain proyek karena faktor cuaca hujan deras terus menerus. Hujan deras yang turun secara menerus ini menyebabkan beberapa aktivitas pekerjaan tidak dapat dilaksanakan sehingga proyek mengalami keterlambatan. Dalam pelaksanaannya, proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 ini pada bulan Agustus mempunyai target capaian penyelesaian 8,48%. Namun, pada realitanya, proyek baru mencapai 6,95% yang menunjukkan bahwa proyek mengalami keterlambatan jadwal. Padahal, pembangunan Bendungan Bagong pada proyek ini bertujuan untuk mereduksi banjir Kota Trenggalek secara signifikan. Selain itu, Bendungan Bagong ini masuk dalam daftar Proyek Stategis Nasional (PSN) untuk menambah jumlah tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan air. Oleh karena itu, perlu dilakukan percepatan jadwal pelaksanaan atau optimasi waktu pelaksanaan proyek agar biaya yang dikeluarkan tidak terus meningkat seiring dengan keterlambatan jadwal. Tugas akhir ini akan dilakukan untuk mengetahui durasi dan biaya percepatan yang optimum pada proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 dengan menggunakan metode Time Cost Trade Off. Dalam melakukan sebuah percepatan terhadap durasi penyelesaian proyek, perlu dilakukan penekanan waktu aktivitas, diusahakan agar biaya yang ditimbulkan seminimal mungkin. Penekanan dilakukan pada aktivitas yang berada dalam lintasan kritis dan mempunyai cost slope terendah. Langkah-langkah yang diperlukan dalam melakukan percepatan ini adalah identifikasi aktivitas sisa pekerjaan, penyusunan network diagram serta lintasan kritis, menentukan crash duration dan crash cost, menghitung cost slope, dan melakukan tahap iterasi. Tugas akhir ini menghasilkan durasi percepatan paling optimum dengan durasi akhir 678 hari dan biaya Rp 835.252.140.947. Hasil ini didapat pada iterasi ke delapan, dimana pada iterasi ke sembilan, biaya total proyek hasil itersi menunjukkan adanya kenaikan biaya hingga pada iterasi ke sepuluh, sehingga diambil hasil optimum pada iterasi ke delapan.
===============================================================================================================================
The construction of the Package 1 Bagong Dam project is one of the projects that experienced delays in project completion due to the continuous heavy rain. The heavy rain that fell continuously caused several work activities to be unable to be done and the project was delayed. In its implementation, the construction of the package 1 Bagong Dam project in August has a target of 8.48% completion. However, the project has only reached 6.95% which indicates that the project is experiencing a delay in its schedule. In fact, the construction of the Bagong Dam in this project aims to significantly reduce Trenggalek City flooding. In addition, the Bagong Dam is included in the list of National Strategic Projects (PSN) to increase the number of water reservoirs to support food and water security programs. Therefore, it is necessary to accelerate the implementation schedule or optimize the project time so that the costs do not continue to increase along with the delay in the schedule. This final project will be carried out to find out the optimal duration and acceleration costs the construction of the Package 1 Bagong Dam project using the Time Cost Trade Off method. In accelerating the duration of project completion, it is necessary to emphasize the time of activity, trying to minimize the costs incurred. Emphasis is placed on activities that are in the critical path and have the lowest cost slope. The steps required in carrying out this acceleration are identifying the remaining work activities, preparing network diagrams and critical paths, determining the crash duration and crash costs, calculating the cost slope, and carrying out the iteration phase. This final project produces the most optimal acceleration duration with a final duration of 678 days and a cost of IDR 835.252.140.947. These results were obtained in the eighth iteration, where in the ninth iteration, the total cost of the iteration project showed an increase in costs untill the tenth iteration, so that the optimum results were taken in the eighth iteration.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Crashing, Optimization, Time Cost Trade Off, Crashing, Optimization, Time Cost Trade Off
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: El Alivi Nur Azmia
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:22
Last Modified: 26 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99206

Actions (login required)

View Item View Item