Alternatif Desain Struktur Penahan Tanah pada Proyek Fasilitas Kawasan Geodiversitas Indonesia di Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Kameswara, Adinda Dika (2023) Alternatif Desain Struktur Penahan Tanah pada Proyek Fasilitas Kawasan Geodiversitas Indonesia di Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000148-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000148-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengembangkan Geopark Karangsambung, Karangbolong di Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan ini diharapkan dapat menjadi pusat geodiversitas Indonesia yang memfasilitasi aspek konservasi, edukasi, riset, pariwisata, serta pembangunan ekonomi kerakyatan. Kawasan ini memiliki area seluas 2,78 ha dengan elevasi antara +59,00 hingga +76,00. Proyek ini direncanakan akan membangun 3 (tiga) gedung yang meliputi Gedung Geodiversity (Gedung A), Gedung Geoconservation (Gedung B), dan Gedung Dormitory (Gedung C).
Pada Gedung A dan B direncanakan penggalian tanah dasar sedalam 87,00 m pada sisi Timur dengan struktur penahan tanah berupa soldier pile dengan anchor. Hanya saja, jenis perkuatan ini sulit untuk dilaksanakan sehingga diperlukan alternatif perkuatan yang lebih mudah dalam pelaksanaannya, kuat, dan stabil. Gedung Asrama (Gedung C) yang terletak dibelakang Gedung A dan B memiliki elevasi yang lebih tinggi. Pada waktu perencanaanya, tidak direncanakan adanya konstruksi penahan tanah pada sisi belakang Gedung C sehingga terjadi kelongsoran pada rumah warga yang terletak di belakang Gedung C. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan perkuatan struktur penahan tanah agar dapat mencegah kelongsoran yang terjadi.
Alternatif sStruktur penahan tanah pada sisi Timur Gedung A dan B adalah secant pile. Sedangkan perencanaan dinding penahan tanah di sisi belakang Gedung C, digunakan 2 (dua) opsi perencanaan yaitu gabion dan retaining wall. Hasil yang diharapkan dari studi ini adalah alternatif struktur penahan tanah sisi Timur gedung A dan B dengan metode paling efisien (mudah, optimal, dan aman) serta total biaya material yang paling terjangkau. Selain itu, akan dihasikan juga perencanaan dinding penahan tanah pada sisi belakang gedung C menggunakan opsi gabion atau retaining wall sebagai mitigasi kelongsoran.
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan, didapatkan hasil rancangan dinding penahan tanah untuk sisi belakang Gedung C seperti yang dijelaskan pada sub bab 5.2.1 dengan total biaya Rp1.369.128.598,- dan akan dipasang sepanjang 110 m’ dibelakang Gedung C. Sedangkan, untuk Gedung A dan B didapatkan hasil rancangan secant pile diameter 800 mm dengan jarak 1000 mm serta memiliki panjang 35 m. sesuai dengan yang dijelaskan pada sub bab 6.4. Dengan kebutuhan pile untuk Gedung A sebanyak 122 piles dan untuk Gedung B sebanyak 83 piles dengan total biaya sebesar Rp3.863.360.956,-.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gabion, Geodiversitas Indonesia, retaining wall, secant pile.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA760+ Retaining walls
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adinda Dika Kameswara
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:45
Last Modified: 26 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99479

Actions (login required)

View Item View Item