Qodar, Rizqi Muhammad Maulana (2023) Analisa Kelayakan Ekonomi Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Di Pontianak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
03111840000036-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jembatan merupakan suatu konstruksi yang berfungsi meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Oleh karena itu jembatan merupakan salah satu infrastruktur atau prasarana transportasi penting bagi kehidupan manusia, khususnya daerah yang dilintasi sungai-sungai besar karena masyarakat harus melintasi sungai untuk melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya, seperti yang terjadi di Kota Pontianak. Kota Pontianak merupakan kota yang daerahnya banyak dilintasi oleh sungai Kapuas karena kondisi ini jembatan memegang peran penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakatnya, tetapi karena terbatasnya jembatan yang ada dan meningkatnya volume kendaraan setiap harinya mengakibatkan kemacetan di daerah sekitar jembatan. Oleh karena itu Pemerintah Kota Pontianak merencanakan pembangunan jembatan baru yaitu Duplikasi Jembatan Kapuas I guna meningkatkan efisiensi transportasi bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu kajian mengenai kelayakan ekonomi pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I ini apakah layak atau tidak untuk dibangun.
Metodologi dalam penelitian Tugas Akhir ini dimulai dengan menganalisis kondisi lalu lintas eksisting kemudian dilakukan Analisa pertumbuhan lalu lintas untuk mengetahui jumlah kendaraan pada tahun yang akan datang. Setelah itu dilakukan analisis kinerja lalu lintas rencana dari hasil analisis dengan adanya jembatan baru dan tidak ada jembatan baru dapat dilakukan analisis biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu. Untuk analisis ekonomi digunakan parameter Benefit Cost Rasio (BCR), Net Present Value (NPV) dan Analisis Sensitifitas.
Dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan penghematan dan penghematan nilai waktu sebesar Rp2.258.183.864.060,48. Sehingga didapat hasil nilai BCR=5,06, nilai NPV= Rp1.811.686.395.756, dan hasil Analisis Sensitivitas, menunjukan nilai NPV>0 untuk semua perubahan kondisi variabel. Berdasarkan analisis ekonomi, maka dapat disimpulkan pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I layak untuk dibangun.
=====================================================================================================================================
The bridge is a construction that functions to continue the path through a lower obstacle. Therefore, the bridge is one of the important transportation infrastructure or infrastructure for human life, especially areas that are crossed by large rivers because people have to cross rivers to move from one place to another, as happened in Pontianak City. The city of Pontianak is a city whose area is traversed by the Kapuas river because of this condition the bridge plays an important role in the daily activities of its people, but due to the limited number of existing bridges and the increasing volume of vehicles every day, it causes congestion in the area around the bridge. Therefore, the Pontianak City Government plans to build a new bridge, namely the Duplication of the Kapuas I Bridge in order to improve transportation efficiency for the community. For this reason, a study is needed regarding the economic feasibility of the construction of the Kapuas I Duplication Bridge, whether it is feasible or not to be built..
The methodology in this final project research begins by analyzing the existing traffic conditions and then analyzing the traffic growth to determine the number of vehicles in the coming year. After analyzing the traffic performance analysis results with the presence of a new bridge and no new bridge, an analysis of user cost (BOK) and time value can be carried out. For economic analysis used the parameters Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV) and Sensitivity Analysis.
From the results of the analysis carried out, it was found that time value savings and savings were Rp.2,258,183,864,060.48. So that the results of the BCR value=5.06, the NPV value=RP.1,811,686,395,756, and the results of the Sensitivity Analysis, show the NPV value >0 for all changes in variable conditions. Based on economic analysis, it can be concluded that the construction of a duplication of the Kapuas I Bridge is feasible to build
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan Kapuas I, Studi Kelayakan, Analisis Kelayakan Ekonomi,Kapuas I Bridge, Feasibility Study, Economic Feasibility Analysis |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 TG300 Bridges--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizqi Muhammad Maulana Qodar |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/99496 |
Actions (login required)
View Item |