STUDI PERILAKU DINAMIS STRUKTUR JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) AKIBAT BEBAN MANUSIA BERGERAK

PUTRA, ADI SATRIA (2016) STUDI PERILAKU DINAMIS STRUKTUR JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) AKIBAT BEBAN MANUSIA BERGERAK. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3107100127-Abstrack.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3107100127-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3107100127-conclusion.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview

Abstract

Jembatan penyeberangan orang menurut lokasinya bisa berada di jalan raya yang padat lalu lintasnya, stasiun kereta api/bus, ataupun untuk menyeberangi sungai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh beban manusia bergerak bersamaan. Dalam merencanakan struktur JPO apabila beban manusia bergerak tidak mempertimbangkan beban dinamis, maka bisa menjadi penyebab kegagalan struktur. JPO di Indonesia yang merencanakan dengan pedoman SNI hanya memperhitungkan beban hidup sebagai beban statis, bukan beban dinamis. Uji kasus dilakukan untuk menganalisa contoh JPO di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Didapat beberapa kesimpulan mengenai kelakuan dinamis dari struktur JPO. Untuk frekuensi alami dari jembatan dapat mengacu kepada ketentuan dari British Standart. Setelah frekuensi JPO akibat beban dinamis manusia terdefinisi, maka antara frekuensi alami dan frekuensi akibat beban dinamis manusia dibandingkan. Dengan didapatkannya beberapa kesimpulan, maka diharapkan kelakuan dinamis struktur jembatan penyeberangan orang akibat beban manusia yang bergerak bisa lebih dipahami. Displacement maksimum pada JPO akibat beban dinamis manusia berjalan sebesar 44,90 mm terjadi ketika beban manusia mencapai ujung jembatan ( waktu tempuh t = 60 s ). Sedangkan displacement maksimum akibat beban hidup merata terjadi di tengah bentang jembatan sebesar 82,054 mm. Nilai ini lebih rendah daripada nilai ijin lendutan yang terjadi pada jembatan yaitu 168 mm. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara JPO gantung tersebut secara kekuatan memenuhi syarat, tetapi secara kenyamanan masih kurang, sehingga perlu perkuatan, agar kekakuan struktur JPO gantung lebih tinggi dan menyebabkan meningkatnya nilai frekuensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Adi s
Uncontrolled Keywords: beban hidup, manusia bergerak, dinamis, jembatan penyeberangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Dec 2016 01:21
Last Modified: 27 Dec 2018 03:52
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item