KAJIAN UNJUK KERJA SISTEM PENGEREMAN DEPAN DENGAN CAKRAM DAN BELAKANG DENGAN TROMOL PADA SEPEDA MOTOR GAS WISANGGENI

RACHMADI, DIMAS TOFA (2016) KAJIAN UNJUK KERJA SISTEM PENGEREMAN DEPAN DENGAN CAKRAM DAN BELAKANG DENGAN TROMOL PADA SEPEDA MOTOR GAS WISANGGENI. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110030085-Abstract.pdf]
Preview
Text
2110030085-Abstract.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 2110030085-Conclusion.pdf]
Preview
Text
2110030085-Conclusion.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 2110030085-Non_Degree_Theses.pdf]
Preview
Text
2110030085-Non_Degree_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pengereman adalah suatu mekanisme yang dirancang
untuk mengurangi kecepatan ( memperlambat ) dan menghentikan
kendaraan, sistem ini berfungsi sangat penting pada kendaraan sebagai alat keselamatan dan menjamin kendaraan yang aman. Kerja rem dipengaruhi oleh jenis rem yang digunakan dan beban kendaraan termasuk beban roda depan dan belakang saat melaju di jalan raya.
Oleh karena itu pada tugas akhir ini akan dilakukan analisa
rem tromol dan rem cakram pada sistem pengereman sepeda motor Honda Supra x 100cc yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengereman dengan beban yang diberikan dari kapasitas yang dihasilkan oleh rem cakram dan rem tromol , agar dapat dilakukan analisa dan dapat mendesain ulang konstruksi rem tromol dan rem cakram sistem pengereman pada sepeda motor Honda Supra x 100cc. Yang nantinya akan dilakukan perhitungan menggunakan elemen mesin dan mekanika teknik pada rem cakram dan rem tromol, serta analisa tegangan dengan Ansys pada rem tromol dan rem cakram.
Dari hasil perhitungan gaya yang diperlukan rem cakram dan
rem tromol sebelum diberi pembebanan adalah sebesar 47,016
kg/470,16 N dan 38,016 kg/ 380,16N sedangakan pada saat diberi beban gaya yang diperlukan adalah sebesar 214,33 kg/ 2143,3 N untuk rem cakram dan untuk rem tromol sebesar 119,598 kg/1195,98 N. Sedangkan untuk hasil dari analisa menggunakan ansys diketahui equivalent stress maksimum yang terjadi sebesar 2.5891 Pa dan equivalent stress minimum 0.0009 Pa untuk rem cakram, sedangkan equivalent stress maksimum untuk rem tromol sebesar 1.9465 Pa serta equivalent stress 1.8645 Pa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengereman, Rem Cakram , Rem Tromol, Beban, Ansys.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Jun 2016 17:41
Last Modified: 27 Dec 2018 06:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item