Rancang Bangun Simulasi Hewan Peliharaan Virtual Menggunakan Teknologi Leap Motion

Sayudha, Abdurrachman Rafif (2017) Rancang Bangun Simulasi Hewan Peliharaan Virtual Menggunakan Teknologi Leap Motion. Undergraduate thesis, Institut Teknologu Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5113100176-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dengan menggunakan sensor saat ini sudah semakin maju. Tidak hanya untuk membantu manusia dalam memudahkan aktifitas, teknologi sensor saat ini telah menjadi hype dalam perkembangan permainan dan simulasi. Salah satu nya adalah perangkat lunak Leap Motion Controller. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi serta menampilkan gerakan tangan sebagai input ke computer tanpa menggunakan sentuhan. Ide yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah membangun sebuah aplikasi simulasi memelihara hewan peliharaan yaitu kucing menggunakan Leap Motion. Aplikasi ini menjadikan tangan sebagai sumber masukan dalam melakukan interaksi. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity dengan Leap Motion SDK. Tujuannya diharapkan pengguna dapat menghilangkan stress serta merawat hewan peliharaan dengan menyenangkan tanpa khawatir hewan tersebut akan mati. Hasil dari tugas akhir ini akan berupa sebuah simulasi permainan yang dapat berjalan di desktop komputer. Aplikasi ini dibangun dengan Unity versi 5.6.1f1 dengan bahasa pemrograman C# dan Leap Motion SDK. Proses pembuatan Aset permainan menggunakan aplikasi Blender juga Adobe Photoshop CS6 dan pembuatan model FSM menggunakan Pencil. Dengan pengujian blackbox dan juga kuesioner dapat disimpulkan aplikasi telah mengimplementaikan seluruh perancangan dengan baik juga aturan main dan skenario dalam FSM. ================================================================= Nowadays, t he development of technology in censor field has been advanced. Not only to make human activites easier, but also become the hype of development in game and simulation. For instance, the leap motion controller. This device can detect an d show gesture of hand as input to the computer without touching. The idea used in this final project will be built a simulation application pet a cat. This application use hand as input to do interaction, where the input processed by leap motion to detect the interaction and gesture by using hand. This application is built using Unity with Leap Motion SDK. The goal is expected the user relieve the stress and to pet an animal with fun without afraid of the animal to die. The results of this final will be a game simluation that can be run on computer. This application is built with the Unity version 5.6.1f1 with the programming language C# and Leap Motion SDK. The process of creating game assets using Blender also Adobe Photoshop CS6 and FSM modeling using Pe ncil. By blackbox testing and questionnaire it can be inferred that this application has implemented whole design properly also rules of the game scenario with FSM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan simulasi, Kucing, Hewan Peliharaan, Leap Motion, Simlation Game, Cat, Pet Animal, Leap Motion
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abdurrachm Rafif Sayudha
Date Deposited: 28 Sep 2017 05:13
Last Modified: 06 Mar 2019 03:46
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/43674

Actions (login required)

View Item View Item