Studi Desain Derrick Barge Untuk Offshore Structure Removal

Rezkynanda, Muhammad Ardan (2016) Studi Desain Derrick Barge Untuk Offshore Structure Removal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4111100036-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4111100036-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak mentah di dunia, terbukti dulu
Indonesia merupakan salah satu dari anggota Organization of Petroleum Exporting Countries
(“OPEC”) sebelum keluar pada tahun 2008 dikarenakan sudah tidak dapat memenuhi kuota
minimal. Tetapi masih terdapat Banyak perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan
eksplotasi minyak di Indonesia, baik perusahaan asing maupun lokal yang mempunyai ladang
pengeboran minyak baik di darat maupun di laut. Pada tahun 2012 dari 15 perusahaan yang
melakukan pengeboran di laut Indonesia menghasilkan 90.929.053 barrels. Seluruh proses
pelaksanaan kegiatan operasional eksplorasi dan eksploitasi. Migas secara langsung maupun
tidak langsung akan memberikan pada perubahan zona lingkungan, baik pada tahap
prakonstruksi, konstruksi dan pemboran, operasi produksi, pasca operasi hingga tahap
penutupan tambang (Decommissioning). Untuk melakukan proses Decommissioning
dibutuhkan berbagai kendaraan bantu dan salah satunya adalah Derrick barge. DB adalah
sebuah kapal tongkang yang dilengkapi dengan crane yang digunakan untuk mendukung
kegiatan bangunan perminyakan terutama selama tahap pembangunan. Banyak kapal derrick
barge yang sudah beroperasi dan dapat diidentifikasi dengan ukuran crane yang dimilikinya.
Derrick barge harus cukup besar untuk menangani gaya angkat yang diperlukan oleh crane
dan tetap stabil serta dapat menyediakan tempat tinggal untuk ratusan pekerja saat melakukan
pekerjan di atas kapal, crane, dan bangunan lepas pantai. Lalu dengan menggunakan metode
optimation design approach, Derrick Barge dihitung dan dirancangan dengan beberapa
batasan untuk mencari nilai pembangunan kapal yang paling minimum. Dari proses optimasi
didapatkan ukuran utama Derrick barege adalah L = 133.52m, B = 30.48m, H = 7.6m, T =
4.45m
===============================================================================================
Indonesia is one of crude oil producer in the world, as shown of it used to be the member of
Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) before resigning in 2008 due to it
couldn't fulfill the minimal quota requirement. But there are still many companies which
operate in oil exploration and exploitation sectors in Indonesia, both foreign companies and
local companies that own onshore and offshore oil field. In 2012, out of 15 companies that
operated in Indonesia, produced 90.929.053 barrels. All exploration and exploitation
processes will cause environmental effects directly or indirectly, such as preconstruction stage,
construction and drilling stage, production operation, after operation until decommissioning.
For doing decommissioning process, it need many supported vehicles which one is Derrick
Barge, a barge that equipped with a crane that used for supporting the offshore activities
especially during construction stage. There are so many kind of derrick barges that have
already operated, identified by crane's size. Derrick barge have to big enough to handle the
lifting force that is needed by the crane and to keep it stable, also can provide the
accommodation area for hundreds crews on board, crane and offshore structure. Then by
using the optimation design approach method, Derrick Barge is designed by several
restrictions to find the minimum value of ship building. By the optimation process, obtained
the main dimension of Derrick Barge are L = 133.52m, B = 30.48m, H = 7.6m, T = 4.45m

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 627.98 Rez s
Uncontrolled Keywords: DB, Derrick Barge, Optimation Design.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:08
Last Modified: 27 Dec 2018 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48674

Actions (login required)

View Item View Item