Analisis Pengaruh Asal Perjalanan Penumpang Bandara Terhadap Akses Menuju Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Ahmad Yani, Bandara Internasional Adisucipto)

Hafizah, Nafilah el (2017) Analisis Pengaruh Asal Perjalanan Penumpang Bandara Terhadap Akses Menuju Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Ahmad Yani, Bandara Internasional Adisucipto). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116206013-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3116206013-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengaruh pertumbuhan jumlah kendaraan akibat perkembangan ekonomi membuat kinerja jalan semakin menurun. Kinerja jalan yang menurun berpengaruh pada aksesibilitas menuju bandara karena berubahnya waktu tempuh perjalanan.Perubahan waktu perjalanan juga akan mempengaruhi biaya perjalanan yang diakibatkan kemacetan. Dari hubungan antara pertumbuhan jumlah kendaraan disuatu kota dan aksesibilitas menuju bandara, maka perlu dilakukan penelitian signifikansi hubungan tersebut. Sebagai studi kasus digunakan data 3 bandara yaitu bandara Ahmad Yani, bandara Adisucipto dan bandara Juanda. Mengingat perjalanan menuju bandara sangat bervariasi dari waktu ke waktu maka perlu dilakukan penelitian ini. Pengumpulan data karakteristik kota dan demand pada masing-masing bandara diolah menggunakan analisis regresi guna mengetahui pengaruh perkembangan kota terhadap demand bandara.Pengumpulan data waktu tempuh dan jarak perjalanan responden diolah dalam analisis hubungan waktu tempuh dan jarak perjalanan.Sedangkan untuk perhitungan biaya kehilangan penerbangan digunakan sebagai dasar adanya keterlambatan penumpang menuju bandara. Hasil Penelitian adanya kesesuaian bahwa pertumbuhan demand transportasi udara seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Untuk hubungan antara jarak perjalanan dan waktu perjalanan akses bandara, ketiga kota atau bandara menunjukkan kecenderungan yang sama untuk semua moda yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk tidak berpengaruh pada waktu tempuh akses bandara. Kemungkinan terjadinya kehilangan penerbangan dapat terjadi pada kota dengan fluktuasi perubahan waktu tempuh yang sangat bervariasi. =====================================================================
Effect of increasing number of vehicles. Declining road performance on accessibility to the airport due to changing travel time. Changes in travel time will also occur in the journey caused by a traffic jam. From the relationship between the growth of the number of vehicles in a city and the accessibility to the airport, it is necessary to research the significance of the relationship. Similarly, the data used in 3 airports data are Ahmad Yani airport, Adisucipto airport and Juanda airport. The process of travel that varies from time to time so it is necessary to do this research. In collecting data on urban characteristics and demand on each airport is processed using regression analysis to determine the effect of urban development on airport demand. The data collection between travel time and distance of the respondent is processed in the analysis of the relationship of travel time and travel distance. As for the calculation of lost flight cost is used as a basis for the delay, of passengers to the airport. The results of the study of the suitability that the growth in demand for air transport in line with population growth. For the relationship between travel distance and travel time of airport access, the three cities or airports show the same tendency for all available modes. This shows that population growth has no effect on the travel time of airport access. The possibility of lost flight can occur in cities with varying fluctuations in travel time changes.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: travel time, demand, lost flight cost, airport access
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: nafilah el hafizah
Date Deposited: 08 May 2020 04:12
Last Modified: 08 May 2020 04:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50045

Actions (login required)

View Item View Item