Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kinerja Bisnis, Studi Kasus Website Travel

Pribadi, Farid Angga (2018) Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kinerja Bisnis, Studi Kasus Website Travel. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5215201008-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
5215201008-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut data dari kominfo, website travel menempati peringkat pertama jasa yang paling banyak digunakan secara online dengan angka 35%. Potensi tersebut seharusnya dibarengi dengan kualitas website yang baik karena website telah menjadi ujung tombak dari pemasaran travel. Hanya sedikit penelitian yang berkaitan dengan kualitas layanan e-travel yang telah diterbitkan sejauh ini padahal Semakin tinggi kualitas website semakin tinggi kemungkinan website tersebut di pilih oleh pengguna untuk melakukan transaksi online. Penelitian terdahulu tentang pengaruh kualitas website terhadap kinerja bisnis memakai IS Success Model dan ServQual, ServQual tidak cocok digunakan untuk mengukur kualitas. Karena lima dimensi ServQual terutama untuk mengatasi interaksi pelanggan-ke-karyawan, bukan interaksi pelanggan-ke-website, instrumen tidak mempertimbangkan aspek unik dari kualitas layanan online. WebQual merupakan alat untuk menilai kualitas organisasi e-commerce yang menawarkan menggunakan persepsi pengguna dan kriteria penilaian yang diberikan meliputi keseluruhan website. Pada penelitian ini akan diidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas website dengan menggunakan dimensi dari WebQual dan beberapa dimensi lain yang didapatkan dari studi literatur. Dimensi tersebut adalah Usability, Information Quality, Service Interaction, Website Functionality dan Customer Relationship. Dimensi tersebut diolah dengan metode Analityc Hierarchy Process (AHP) karena metode ini membantu menyelesaikan permasalahan dengan multikriteria. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat secara online.
Hasil pengumpulan data digunakan untuk mengukur kualitas website dari sisi pengguna. Website yang diukur akan dirangking berdasarkan kualitas yang diukur dan akan dibandingkan dengan kinerja bisnis dari masing-masing website. Hasil dari perbandingan antara rangking kualitas website dengan kinerja bisnis akan dianalisa dari berbagai faktor yang diukur. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk menentukan faktor-faktor prioritas dalam menentukan kualitas website travel dan dapat dijadikan acuan dalam dunia travel untuk mengembangkan website.
Salah satu hasil dari penelitian ini adalah parameter-parameter yang berada pada domain Usability mendominasi dengan menempatkan empat parameter di urutan 5 besar. Hasilnya adalah parameter-parameter yang berada pada domain Usability mendominasi dengan berurutan yakni Positive Experience diurutan pertama, kemudian diurutan kedua adalah parameter Easy To Use, diurutan ketiga adalah Interaction Understandable dan diurutan keempat adalah Easy Navigate. Kemudian di urutan kelima di tempati parameter dari domain Information Quality. Dari penelitian ini diketahui bahwa kualitas website berbanding lurus dengan kinerja bisnis. Hal ini dibuktikan dengan website diurutan satu dari sisi kualitas website sama seperti website diurutan satu dari sisi kinerja bisnis.
=============================================================================================================
According to kominfo, travel website ranked first the most widely used online services with 35%. The potential should be coupled with good quality website because the website has become the spearhead of travel marketing. There is little research related to the quality of e-travel services that have been published so far. The higher the quality of the website the higher the likelihood that the website is chosen by the user to conduct online transactions. Previous research on the effect of website quality on business performance using IS Success Model and ServQual, ServQual is not suitable to measure quality. Because of the five dimensions of ServQual primarily to address customer-to-customer interaction, rather than customer-to-website interaction, the instrument does not take into account the unique aspect of online service quality. WebQual is a tool for assessing the quality of e-commerce organizations that offer using user perceptions and assessment criteria provided covering the entire website. In this study will be identified factors that affect the quality of the website by using dimensions of WebQual and several other dimensions derived from literature studies. These dimensions are Usability, Information Quality, Service Interaction, Website Functionality and Customer Relationship. The dimension is processed by Analityc Hierarchy Process (AHP) method because this method helps solve the problem with multicriteria. Data collection using questionnaires distributed to respondents who have made purchases of airline tickets online.
The results of data collection are used to measure the quality of the website from the user side. The measured website will be ranked based on the quality and will be compared to the business performance of each website. The result of the comparison between website quality ranking and business performance will be analyzed from various factors measured. The results of this study are expected to help to determine the priority factors in determining the quality of travel websites and can be used as a reference for management of travel to develop the website.
One of the results of this study is the parameters that are dominant domains Usability by placing four parameters in the order of 5 large. The result, some parameters that are in domains Usability dominate with the sequence of Positive Experience in first rank, then the second rank is the parameter Easy To Use, the third rank is Interaction Understandable and the fourth rank is Easy Navigate. Then in fifth place the parameters of the Information Quality domain. From this research note that website quality is directly proportional to business performance. This is evidenced by the website diurutan one of the quality of the website just as the website diurutan one in terms of business performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 006.7 Pri p-1 3100018074957
Uncontrolled Keywords: Kualitas website; Travel; WebQual; AHP; Kinerja bisnis; Website Quality; Travel; WebQual; Business performance.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Farid ANgga Pribadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:44
Last Modified: 15 Sep 2020 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50534

Actions (login required)

View Item View Item