Alternatif Perencanaan Bangunan Bawah Overpass Sememi I Surabaya Dengan Variasi Tipe Pilar

Fahmi, Syahrial (2015) Alternatif Perencanaan Bangunan Bawah Overpass Sememi I Surabaya Dengan Variasi Tipe Pilar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112106032-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112106032-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3112106032-Presentation.pdf]
Preview
Text
3112106032-Presentation.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview

Abstract

Jalan Lingkar Luar Barat adalah jalan yang akan
menghubungkan wilayah kecamatan Lakarsanti sampai ke
wilayah kecamatan Romokalisari melewati jalan
Lakarsantri, Sambikerep, Citraland, Kendung, KandanganSememi,
Benowo, Romokalisari dengan panjang 23,3
kilometer. P ada wilayah Kandangan-Sememi terdapat
perlintasan rel kereta api dan j alan Sememi STA 3+962
sehingga direncanakan menggunakan overpass untuk
melewati perlintasan kereta api dan jalan Sememi tersebut.
Overpass yang direncanakan dengan panjang total 755,86m
dan lebar 21,25m ini dibagi 17 bentang dengan 15 bentang
dengan panjang 40m dan 2 be ntang dengan panjang 50m
serta tinggi pilar 5,1m. Pada perencanaan bangunan bawah
overpass Sememi yang sudah ada, menggunakan pilar tipe
ganda dengan pile cap menyatu diantara dua kolom dan
pondasi tiang pancang dengan kondisi tanah dasar
lempung. Biaya bangunan bawah yang sudah ada tersebut
cukup besar dilihat dari analisa biaya yang telah dilakukan
sebelumnya.
Dalam tugas akhir ini penulis membahas beberapa
alternatif perencanaan bangunan bawah dengan menggunakan tiga variasi tipe pilar. Pembahasan ini
meliputi pembebanan pada struktur atas, perencanaan
bangunan bawah yang mengacu pada R SNI T02-2005 dan
khusus untuk beban gempa mengacu pada SN I 03 2833 -
2008. Pembahasan selanjutnya yakni pemodean struktur
dengan program SAP 2000 v ersi 14.0.0, perencanaan
pondasi dan pilecap masing-masing tipe pilar, penulangan
bangunan bawah dan terakhir pembahasan rencana
anggaran biaya masing-masing variasi tipe pilar dengan
mengacu pada H SPK Surabaya 2014. Pemilihan alternatif
ini berdasarkan daya dukung ijin dan harga yang paling
efisien.
Dari hasil perencanaan bangunan baw ah overpass
Sememi Surabaya dengan masing-masing variasi tipe pilar
diperoleh harga dan daya dukung ijin yang paling efisien
adalah alternatif balok cap tiang sederhana dengan harga
Rp 1.904.000.000 , day a dukung sebesar 115.66 ton,
jumlah tiang pancang sebanyak 36 buah pada kedalaman
33m. ========== West outer ring road is a road that will connect the
Lakarsanti sub-district to the Romokalisari sub-district
through Lakarsantri, Sambikerep, Citraland, kendung,
Kandangan-Sememi, Benowo and Romokalisari road with
23,3 kilometers in length. In Kandangan-Sememi region,
there is a railroad crossing and Sememi road with 3+962
STA so that it is planned to use overpass to pass the railway
crossing and Sememi road. Overpass planned with 755,86m
in length and 21,25m in width is divided to 17 spans with 15
spans of 40m in length and 2 spans of 50m in length and the
5,1m in height of the piers. The substructure plan of
Sememi-overpass that already exists uses dual-type piers
with pile cap that fused between two columns and pi le
foundations with clay soil condition. The substructure cost
that already exists is large enough for the cost analysis done
before.
In this final project, the author discusses several
alternatives for substructure plan by using three piers of
various types. This discussion includes loading on the upper
structure, substructure plan which refers specifically to RSNI T02-2005 and seismic load refers to the SNI 03 2833-
2008. Further discussion is about the structure model with
SAP 2000 program of 14.0.0 version, foundation design and
pilecap of each pier types, substructure reinforcement and
budget plan discussion of each pier types with reference to
Surabaya HSPK 2014. Selection of this alternative is based
on license bearing and the most efficient price.
From the substructure plan of Sememi-overpass
Surabaya with each variation of the piers is obtained cost
and license bearing. the most efficient alternative is a simple
pole cap beam with price of Rp. 1.904.000.000, the carrying
capacity of 115.66 tons, the amount of the piles as much as
36 pieces in depth of 33m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Overpass Sememi; Bangunan Bawah; Tipe Pilar; Pondasi; Sememi-overpass; Under Building; Pier Type; Foundation.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:32
Last Modified: 11 Jul 2018 04:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52045

Actions (login required)

View Item View Item