Alternatif Perencanaan Bangunan Bawah Overpass Sememi I Surabaya Dengan Variasi Tipe Pilar

Fahmi, Syahrial (2015) Alternatif Perencanaan Bangunan Bawah Overpass Sememi I Surabaya Dengan Variasi Tipe Pilar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112106032-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3112106032-Presentation.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview

Abstract

Jalan Lingkar Luar Barat adalah jalan yang akan menghubungkan wilayah kecamatan Lakarsanti sampai ke wilayah kecamatan Romokalisari melewati jalan Lakarsantri, Sambikerep, Citraland, Kendung, KandanganSememi, Benowo, Romokalisari dengan panjang 23,3 kilometer. P ada wilayah Kandangan-Sememi terdapat perlintasan rel kereta api dan j alan Sememi STA 3+962 sehingga direncanakan menggunakan overpass untuk melewati perlintasan kereta api dan jalan Sememi tersebut. Overpass yang direncanakan dengan panjang total 755,86m dan lebar 21,25m ini dibagi 17 bentang dengan 15 bentang dengan panjang 40m dan 2 be ntang dengan panjang 50m serta tinggi pilar 5,1m. Pada perencanaan bangunan bawah overpass Sememi yang sudah ada, menggunakan pilar tipe ganda dengan pile cap menyatu diantara dua kolom dan pondasi tiang pancang dengan kondisi tanah dasar lempung. Biaya bangunan bawah yang sudah ada tersebut cukup besar dilihat dari analisa biaya yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam tugas akhir ini penulis membahas beberapa alternatif perencanaan bangunan bawah dengan menggunakan tiga variasi tipe pilar. Pembahasan ini meliputi pembebanan pada struktur atas, perencanaan bangunan bawah yang mengacu pada R SNI T02-2005 dan khusus untuk beban gempa mengacu pada SN I 03 2833 - 2008. Pembahasan selanjutnya yakni pemodean struktur dengan program SAP 2000 v ersi 14.0.0, perencanaan pondasi dan pilecap masing-masing tipe pilar, penulangan bangunan bawah dan terakhir pembahasan rencana anggaran biaya masing-masing variasi tipe pilar dengan mengacu pada H SPK Surabaya 2014. Pemilihan alternatif ini berdasarkan daya dukung ijin dan harga yang paling efisien. Dari hasil perencanaan bangunan baw ah overpass Sememi Surabaya dengan masing-masing variasi tipe pilar diperoleh harga dan daya dukung ijin yang paling efisien adalah alternatif balok cap tiang sederhana dengan harga Rp 1.904.000.000 , day a dukung sebesar 115.66 ton, jumlah tiang pancang sebanyak 36 buah pada kedalaman 33m. ========== West outer ring road is a road that will connect the Lakarsanti sub-district to the Romokalisari sub-district through Lakarsantri, Sambikerep, Citraland, kendung, Kandangan-Sememi, Benowo and Romokalisari road with 23,3 kilometers in length. In Kandangan-Sememi region, there is a railroad crossing and Sememi road with 3+962 STA so that it is planned to use overpass to pass the railway crossing and Sememi road. Overpass planned with 755,86m in length and 21,25m in width is divided to 17 spans with 15 spans of 40m in length and 2 spans of 50m in length and the 5,1m in height of the piers. The substructure plan of Sememi-overpass that already exists uses dual-type piers with pile cap that fused between two columns and pi le foundations with clay soil condition. The substructure cost that already exists is large enough for the cost analysis done before. In this final project, the author discusses several alternatives for substructure plan by using three piers of various types. This discussion includes loading on the upper structure, substructure plan which refers specifically to RSNI T02-2005 and seismic load refers to the SNI 03 2833- 2008. Further discussion is about the structure model with SAP 2000 program of 14.0.0 version, foundation design and pilecap of each pier types, substructure reinforcement and budget plan discussion of each pier types with reference to Surabaya HSPK 2014. Selection of this alternative is based on license bearing and the most efficient price. From the substructure plan of Sememi-overpass Surabaya with each variation of the piers is obtained cost and license bearing. the most efficient alternative is a simple pole cap beam with price of Rp. 1.904.000.000, the carrying capacity of 115.66 tons, the amount of the piles as much as 36 pieces in depth of 33m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Overpass Sememi; Bangunan Bawah; Tipe Pilar; Pondasi; Sememi-overpass; Under Building; Pier Type; Foundation.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:32
Last Modified: 11 Jul 2018 04:32
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/52045

Actions (login required)

View Item View Item