Analisis Proses Bisnis Penjualan Dengan Menggunakan Metode Process Mining Pada PT. XYZ Indonesia

Adhiguna, Leonardo (2018) Analisis Proses Bisnis Penjualan Dengan Menggunakan Metode Process Mining Pada PT. XYZ Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000092-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211440000092-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. XYZ Indonesia ialah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang heat exchanger. Perusahaan ini menerapkan Engineer-To-Order dan Make-To-Order dalam menjalankan proses produksinya. PT. XYZ Indonesia merupakan perusahaan besar di Indonesia yang sudah menerapkan teknologi informasi yang berupa ERP INFOR LN dalam menjalankan proses bisnisnya. Selain itu PT. XYZ Indonesia juga sudah mendokumentasikan segala proses bisnisnya ke dalam Standard Operation Procedure (SOP). Bagian Sales dan Factory Order Processing (FOP) dan termasuk ke dalam proses bisnis penjualan. Walaupun sudah menerapkan ERP INFOR LN dalam menjalankan proses bisnis penjualan masih terdapat keterlambatan dalam hal penyelesaian order.
Tugas akhir ini akan menganalisis proses bisnis penjualan untuk mengetahui bagaimana sebuah prosedur bekerja, dapat membandingkan proses aktual dengan proses yang didefinisikan sebelumnya, dan dapat melihat cycle time dari suatu proses yang ada. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan dilakukan analisis proses bisnis berdasarkan event log dengan metode process mining. Langkah awal digunakan wawancara dan observasi dokumen perusahaan untuk mendapatkan gambaran bagaimana proses penjualan dijalankan. Selanjutnya menentukan atribut data untuk event log yang dibutuhkan untuk process mining. Lalu setelah itu dilakukan ekstraksi data event log. Event log ini selanjutnya akan diolah dengan tools Disco.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah 9 pemodelan dengan ditemukannya 137 variant yang dibedakan menjadi 67 variant alur proses penjualan produk standard, 69 variant alur proses penjualan produk spesial dan 1 variant alur proses penjualan yang hanya memiliki aktivitas Done. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses penjualan dengan melihat bagaimana proses bisnis penjualan bekerja pada perusahaan, lalu melihat cycle time dari proses penjualan dan membandingkan alur pelaksanaan proses penjualan ekspektasi dan alur pelaksanaan proses penjualan aktual dilihat dari timeframe yang ada pada PT. XYZ Indonesia. Tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi acuan PT. XYZ Indonesia dalam melakukan evaluasi dan perbaikan proses bisnisnya agar dapat memenuhi tujuan dan target bisnis yang telah di tetapkan.============== PT.XYZ Indonesia is big company manufacturing heat exchangers. The company adopts an Engineer-To-Order and Make-To-Order approach in running their production process. PT.XYZ Indonesia also adopts ERP INFOR LN information technology in running their business. They have also documented all their business processes into Standard Operational Procedures (SOP). The division of Sales and Factory Order Processing (FOP) are included in the sales business process. Although it has adopted ERP INFOR LN in running their business, delays in fulfilling customers orders still regularly occur.
This final project will analyze the sales business process to find out how a procedure works, to compare actual processes with defined processes before, and to see the cycle time of an existing process. In this research, quantitative approach is used to analyze business process based on event log with process mining method. The first step used interview and observation of company documents to get an idea how the sales process is run. Next define the data attribute for the event log required for process mining. Then after that extraction of event log data. This event log will then be processed with Disco tools.
The end result of this research is 9 modeling with the discovery of 137 variant which is divided into 67 variant groove of standard product sales process, 69 variant groove of special product sales process and 1 variant of sales process flow which only have Done activity. This research is conducted to analyze the sales process by looking at how the sales process work on the company, see the cycle time of the sales process and sales process analysis of expectations and process flow that occurred from the existing time frame at PT. XYZ Indonesia. This final project is expected to be a reference PT. XYZ Indonesia in evaluating and improving business to achieve expected business goals and targets.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Business Process Management, Penjualan, Engineer-To-Order, Make-To-Order, INFOR LN, Sales, Business Process Management, Standard Operational Procedures (SOP), Sales and Factory Order Processing (FOP)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5438.35 Data Processing (selling)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Leonardo Adhiguna
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:11
Last Modified: 12 Mar 2021 10:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52688

Actions (login required)

View Item View Item