Wisata Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasuruan Dengan Pendekatan Metafora Organik

Rosefa, Chusnul Dwi (2018) Wisata Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasuruan Dengan Pendekatan Metafora Organik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000028-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000028-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena sepinya Pelabuhan Pasuruan yang dulu jaya, merupakan akibat dari adanya penurunan kualitas dari fasilitas yang ada, sehingga berpengaruh terhadap kuantitas / jumlah pengunjung yang datang. Penurunan kualitas fasilitas pelabuhan Pasuruan diantaranya adalah adanya pendangkalan pada area Pelabuhan Barang, sehingga kini sudah tidak dapat beroperasi kembali, tidak adanya wadah unuk kegiatan jual beli perikanan, sehingga kegiatan jual beli hasil laut dilakukan dipinggir bantaran sungai Gembong hingga menggannggu pengguna jalan lain. Padahal Hasil laut Pasuruan melimpah berdasarkan laporan Dinas Perikanan dan Kelautan Pasuruan yang mengalami kenaikan tiap tahunnya.
Oleh karena itu sangat diperlukan adanya fasilitas yang dapat menaungi kegiatan jual beli hasil laut berupa PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) sesuai dengan Rencana Pemerintah Pasuruan bersama PT.Pelindo III yang juga hendak membangun fasilitas tersebut. Tak hanya itu, sebagai kawasan Waterfront City, upaya untuk meningkatkan kuanitas pengunjung juga diperlukan dengan memanfaatkan potensi alam tepi laut sekitar, yaitu adanya hutan mangrove yang berfungsi membantu menjaga kelestarian ekosistem ikan juga dimanfaatkan sebagai bagian dari Wisata Bahari yang nantinya akan terintegrasi dengan area PPI sehingga semakin menunjang dan menambah daya tarik kawasan Pelabuhan Pasuruan sebagai Waterfront city.
Konsep umum yang akan digunakan adalah “Metafora Wisata Alam”, yakni Menghadirkan kiasan atau ungkapan bentuk yang diwujudkan dalam bangunan dengan makna wisata maupun alam. Metode metafora dilakukan denga cara tangible, intangible, maupun kombinasi. Sedangkan pendekatann Metafora Organik digunakan untuk menghadirkan bentuk-bentuk alam pada bangunan, sehingga objek rancang bangunan dapat menyatu dan selaras dengan alam sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan), Waterfront City, Wisata, Metafora, Organik
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
N Fine Arts > NB Sculpture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Chusnul Dwi Rosefa
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:53
Last Modified: 24 Jun 2021 04:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55184

Actions (login required)

View Item View Item