Modifikasi Desain Struktur Gedung Namira Surabaya Menggunakan Sistem Ganda Dan Metode Pelaksanaan Shearwall

Anugrah, Jerry (2018) Modifikasi Desain Struktur Gedung Namira Surabaya Menggunakan Sistem Ganda Dan Metode Pelaksanaan Shearwall. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000033-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000033-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Gedung Hotel Namira ini terletak di Jl Raya Wisma Pagesangan Surabaya, memiliki 9 lantai,1 lantai dasar dan 1 lantai semi basement. Karena terletak di Indonesia yang merupakan negara yang termasuk dalam kawasan wilayah potensi gempa tinggi. Maka gedung ini harus didesain tahan gempa untuk mengurangi kerusakan dan resiko yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Terlebih lagi hotel merupakan bangunan yang memiliki resiko jiwa tinggi jika terjadi kegagalan struktur. Salah satu sistem struktur bangunan penahan gempa yang efektif adalah dengan menggunakan sistem ganda yang terdiri dari sistem rangka dan sistem dinding struktural atau dinding geser.
Pada tugas akhir ini gedung akan ditinjau terlebih dahulu dengan kondisi eksisting dimana kondisi eksistingnya menggunakan sistem rangka pemikul momen khusus sebagai sistem strukturnya. Permodelan struktur menggunakan program bantu SAP2000 untuk menganalisa kondisi struktur eksisting serta persyaratannya mengacu pada peraturan SNI 2847 2013, SNI 1726 2012 dan SNI 1727 2013. Dari hasil analisa didapatkan nilai T (perioda struktur) 2,1 detik dan nilai Ta (batas periode) sesuai SNI 1726 2012 1,4 detik, dimana persyaratan sesuai SNI nilai T hasil analisa tidak boleh melebihi nilai Ta(batas periode) yang disyaratkan. Dan dari hasil analisa simpangan antar lantai diperoleh nilai simpangan antar lantai tidak memenuhi persyaratan sesuai SNI 1726 2012.
Dari hasil analisa struktur kondisi eksisting tersebut dapat diketahui bahwa sistem struktur kondisi eksisting memerlukan modifikasi agar mampu memikul beban lateral yang terjadi. Pada tugas akhir ini modifikasi struktur direncanakan menggunakan sistem ganda yaitu menambahkan dinding geser(shearwall) pada sumbu lemah bangunan. Modifikasi struktur pada tugas akhir ini bertujuan untuk merencanakan bangunan gedung tersebut mampu menahan beban aksial maupun lateral akibat gempa yang terjadi. Perencanaan akhir ini berupa gambar struktural bangunan dan metode pelaksanaan dinding geser (shearwall). Diharapkan hasil tugas akhir ini dapat berguna sebagai referensi perencanaan bangunan yang berada di wilayah resiko gempa tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Jerry Anugrah
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:00
Last Modified: 28 Jun 2021 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55563

Actions (login required)

View Item View Item