Strategi Branding pada Persaingan Jasa Transportasi Online di Indonesia Berdasarkan Konsep Blue Ocean Strategy (BOS)

Gatti, Renda (2018) Strategi Branding pada Persaingan Jasa Transportasi Online di Indonesia Berdasarkan Konsep Blue Ocean Strategy (BOS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
09111440000006-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, jasa transportasi online kian menunjukkan atmosfer persaingannya yang semakin ketat. Di Indonesia sendiri, awalnya terdapat tiga pemain utama yaitu Gojek, Grab dan Uber. Namun, karena ketatnya persaingan yang ada, Uber memutuskan untuk melakukan merger dan akuisisi terhadap brand competitornya sendiri yaitu Grab sebagai strategi bisnis yang dipilih untuk beroperasi di kawasan Asia Tenggara. Menyisakan dua pemain di Indonesia, ternyata Go-Jek maupun Grab belum memiliki loyalis user untuk bisa berpotensi penuh menjadi brand paling unggul pada persaingan yang ada berdasarkan brand positioning yang terbentuk. Untuk itu, diperlukan strategi branding yang tepat sebagai salah satu tools untuk mendeterminasi value added perusahaan dengan berdasarkan pada konsep Blue Ocean Strategy. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peta persaingan yang ada dan merumuskan strategi branding dengan konsep dasar Blue Ocean Strategy (BOS) serta dilanjutkan dengan penyusunan diagram afirmasi untuk mengetahui hubungan sebab-akibatnya. Desain penelitian yang digunakan adalah eksploratif-kualitatif. Data didapatkan dengan menggunakan metode wawancara kepada 3 branding expertise dan studi literatur terhadap kondisi eksternal terkait branding positioning. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis persaingan melalui branding positioning map, Blue Ocean Strategy dan diagram afirmasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa masih ada inovasi branding yang bisa dilakukan oleh pelaku jasa transportasi online di Indonesia untuk meningkatkan citra yang ada dan menjadikannya perusahaan yang unggul diantara yang lain. Implikasi manajerial dari penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan jasa transportasi online untuk meningkatkan branding perusahaan dalam memunculkan ceruk pasar baru, sehingga mampu menguasai pasar yang ada dan menjadi top of mind dimata user. ========================================================================================================= Along with the growth rate of laying farm in Indonesia, UMKM X which is a layer farm long enough to do business in this field and want to expand. Expansion is done to add new customers, because the growth of the number of customer not significant with the amount of production. In addition, MSME X often gets error reports from both production and sales. To expand, MSME X needs to improve the company's internal condition first. Currently MSME X is making improvements, but the improvements or progress made are not too impactful, because the owners do not have the priorities and standards used clearly. This study aims to evaluate the effectiveness of MSME X organization. See how far MSME X has been effective or not in managing the organization and provide recommendation improvement on indicators in each criteria that needs to be improved. To evaluate the effectiveness of companies using the Organizational Effectiveness Checklist (OEC), there are stages in determining indicators, identifying priorities and defining performance standards. The identification of each indicator is done by interviewing the experts and the weighting processed using AHP to determine the priority of selected indicators that must be considered first. The results of the overall evaluation calculation, the value of M SME X effectiveness is 3.546. That MSME X in safe condition but need to improve three criteria that is growth, stability, and information management in improving company effectiveness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Online Transportation, Positioning, Blue Ocean Strategy, dan Branding
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Renda Shafira Gatti
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:10
Last Modified: 08 Dec 2020 05:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/56085

Actions (login required)

View Item View Item