Desain Modifikasi Gedung Apartemen Taman Sari Iswara dengan Menggunakan Sistem Ganda dan Balok Pratekan

Fahmi, Dias Bramantyo (2018) Desain Modifikasi Gedung Apartemen Taman Sari Iswara dengan Menggunakan Sistem Ganda dan Balok Pratekan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100124-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3114100124-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Gedung Apartemen Taman Sari Iswara merupakan apartemen yang terdiri dari 34 lantai yang terletak di daerah Bekasi. Struktur gedung ini merupakan struktur beton bertulang biasa. Pada lantai 34 gedung ini juga beralih fungsi dari kamar apartemen menjadi convention hall. Modifikasi ini dilakukan karena seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat akan tempat seperti convention hall untuk mengadakan acara, khususnya didaerah Bekasi.
Convention hall didesain dengan luas ruangan 22,8 m x 15,4 m. Balok pratekan yang akan didesain memiliki panjang bentang sebesar 15,4 m sesuai dengan panjang balok yang dibutuhkan untuk meminimalisir kolom, dikarenakan pada lantai 34 juga dimodifikasi fungsinya sebagai convention hall sehingga juga membutuhkan balok pratekan dengan sistem monolit pascatarik.
Perencanaan yang dilakukan pada gedung ini juga menghitung antara lain perencanaan struktur sekunder, struktur utama pratekan maupun non-pratekan, dan perhitungan pondasi. Dalam perencanaan beton pratekan penulis menggunakan perhitungan khusus mengenai dimensi dan pemberian gaya pratekan, serta kontrol yang disesuaikan dengan beton pratekan dan kehilangan energinya. Untuk perencanaan beton bertulang biasa penulis menggunakan perhitungan dan peraturan yang sesuai dengan syarat beton bertulang biasa. Dalam perencanaan ini harus memenuhi peraturan mengenai bangunan tahan gempa terbaru, antara lain SNI 2847:2013, SNI 1726:2012, SNI 1727:2013, serta aturan lain yang berkaitan dengan bangunan tahan gempa.
Tulisan ini membahas secara lengkap perancangan struktur gedung Apartemen Taman Sari Iswara sehingga menghasilkan perancangan yang berisi spesifikasi dan gambar yang sesuai dengan struktur gedung sesuai dengan persyaratan yang digunakan dalam perancangannya, sehingga menghasilkan struktur yang efisien.

Kata Kunci : Beton Prategang, Convention hall, Taman Sari Iswara Bekasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Fahmi Dias Bramantyo
Date Deposited: 18 Jul 2021 22:11
Last Modified: 18 Jul 2021 22:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56707

Actions (login required)

View Item View Item