Kontrol Stabilitas Salinitas Dan Ph Pada Budidaya Udang Vanamei (Litopenaeus Vanamei) Berbasis Mikrokontroler Atmega32

Wibowo, Agung Satrio (2018) Kontrol Stabilitas Salinitas Dan Ph Pada Budidaya Udang Vanamei (Litopenaeus Vanamei) Berbasis Mikrokontroler Atmega32. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2215039042_Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2215039042_Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Udang merupakan makanan yang banyak dikonsumsi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Usaha pemeliharaan udang vanamei dan media pemeliharaannya membutuhkan bantuan teknologi yang dapat mempermudah dalam proses pemeliharaan udang vanamei seperti melakukan kontrol menaikkan salinitas dengan rentang 15-25 ppt serta pH air yang optimal untuk budidaya udang adalah 7,5 – 8,5 (netral), karena pada kisaran tersebut menunjukkan kondisi yang optimal antara oksigen dan karbondioksida serta berbagai mikrooranisme yang merugikan sulit berkembang.
Dibuatlah sebuah alat untuk mengontrol nilai salinitas serta pH secara kontinu pada tambak udang vanamei. Pengontrolan ini dilakukan dengan meletakkan sensor salinitas dan sensor pH. Ketika pH dan salinitas dalam tambak mengalami penurunan akan dilakukan pengaturan untuk menaikkan pH serta salinitas dengan menyebarkan larutan berupa kapur pertanian yang bisa menaikkan pH serta air laut yang dapat menaikkan salinitas.
Dengan alat ini dapat digunakan untuk mengontrol pH dan salinitas pada tambak udang. Sehingga salintas dan pH dapat kembali dalam keadaan normal. Dengan error ±5% untuk sensor pH dan salinitas dapat digunakan untuk mengatur pH dan salinitas pda tambak udang vanamei.
====================================================================================================
Shrimp is a food that is widely consumed for some people of Indonesia. Maintenance of vanamei shrimp and its maintenance media requires technological assistance that can facilitate the process of maintenance of vanamei shrimp such as controlling salinity increase with the range of 15-25 ppt and optimal pH of water for shrimp culture is 7,5 - 8,5 (neutral), because at the range indicates optimal conditions between oxygen and carbon dioxide as well as a variety of harmful microorganisms are difficult to develop.
A tool was developed to control the salinity and pH values continuously in the vanamei shrimp pond. This control by placing the salinity and pH sensors in the pond. When the pH and salinity in the pond decreases will be adjusted to increase the pH and salinity by spreading a solution of dolomite that can raise pH and sea water that can increase salinity.
With this tool can be used to control pH and salinity in shrimp farms. So that the salinity and pH can return under normal circumstances. With ± 5% error for pH and salinity sensors can be used to adjust pH and salinity of vanamei shrimp ponds.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ATMega32, pH, Salinity, Vanamei Shrimp
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Agung Satrio Wibowo
Date Deposited: 02 Aug 2021 22:54
Last Modified: 02 Aug 2021 22:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58104

Actions (login required)

View Item View Item