Efektivitas Waktu Penunjang Menggunakan Model Rantai Markov Distribusi Delay dalam Jadwal Pesawat Terbang

Ningsih, Eva Setia (2018) Efektivitas Waktu Penunjang Menggunakan Model Rantai Markov Distribusi Delay dalam Jadwal Pesawat Terbang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
06111440000039-Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (767kB) | Preview

Abstract

On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu penerbangan merupakan aspek yang sangat penting bagi pengguna jasa angkutan udara dan penyedia jasa penerbangan. Sebagian besar gangguan dalam operasi penerbangan dan stokastik di alam tidak dapat diperkirakan. Gangguan tersebut menunda operasi maskapai di bandar udara dan hanya bisa dikelola dengan mengatur waktu penyisihan jadwal dengan menambahkan waktu penunjang (Buffer Time). Sehingga untuk memodelkan sistem jadwal penerbangan yang kompleks dan stokastik, digunakan model Rantai Markov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil prediksi delay pesawat terbang menggunakan Rantai Markov untuk 7 hari kedepan berada pada state ¬j=2 atau delay berada pada interval 1 hingga 20 menit dengan keakuratan hasil prediksi sebesar 71%. Waktu penunjang (buffer time) yang ditambahkan pada jadwal pesawat terbang Lion Air rute penerbangan Surabaya-Balikpapan memiliki pengaruh sebesar 60% terhadap penyebaran delay dengan nilai rata-rata delay yaitu 20 menit. ================================================================================================ On Time Performance (OTP) or flight timeliness is a very important aspect for users of air transport services and airline service providers. Much of the disturbance in aviation and stochastic operations in the wild is unpredictable. The interruption delayed airline operations at the airport could only be managed by setting time allowance with adding Buffer Time. So, to model a complex and stochastic flight schedule system, a Markov Chain model is used. The results showed that the prediction result of aircraft delay using markov chain for 7 days ahead was at state j = 2 or delay was in the interval 1 to 20 minutes with the accuracy of the predicted result is 71%. The buffer time added to the Lion Air flight schedule of the Surabaya-Balikpapan flight route has an effect of 60% on the spread of delay with an average delay value is 20 minutes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 519.1 Nin e
Uncontrolled Keywords: Delay, Penjadwalan Pesawat Terbang, Rantai Markov, Waktu Penunjang
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA274.2 Stochastic analysis
Q Science > QA Mathematics > QA274.7 Markov processes--Mathematical models.
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eva Setia Ningsih
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:25
Last Modified: 17 Dec 2020 03:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/58957

Actions (login required)

View Item View Item