Perencanaan Alur Pelayaran Selat Madura Dengan Menggunakan Metode Bouwmeester

Yudi, Deri Wisma (2003) Perencanaan Alur Pelayaran Selat Madura Dengan Menggunakan Metode Bouwmeester. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4397100016-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Alur Pelayaran Merupakan Salah Satu Aspek Penting Dalam Pelabuhan. Melihat Pelabuhan Tanjung Perak Sebagai Salah Satu Pelabuhan Besar Di Indonesia Maka Keadaan Alur Pelayaran Di Selat Madura Yaitu Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) Juga Merupakan Bagian Penting Dari Pelabuhan Tanjung Perak.Permasalahan Dari Tugas Ini Adalah Bagaimana Menentukan Kedalaman Minimum Dengan Pendekatan Kekekalan Momentum (Bouwmeester Method) Serta Bagaimana Pengaruh Gerakan Kapal Dengan Penentuan Kedalaman Minimal Alur Untuk Satu Kapal. Dalam Menentukan Kedalaman Alur Ada Beberapa Aspek Penting Yang Diperhitungkan Yaitu Kecepatan Maksimal Kapal Di Alur, Besarnya Squat(Depresi Permukaan Air),Besarnya Gerakan Heaving Dan Pitching Kapal, Irregularitas Air !Aut, Elevation Clearance, Dan Channel Clearance. Sebagai Studi Kasus Dalam Tugas Akhir Ini Diambil APBS Yang Merupakan Alur Utama Untuk Pelabuhan Tanjung Perak Dan Gresik. Dalam Tugas Akhir Ini, APBS Dibagi Dalam 5 Bagian Alur Yang Diamati Secara Terpisah. Sebagai Acuan Dalam Analisa Diambil Ukuran Kapal Terbesar Yang Di Masa Mendatang Potensial Untuk Angkutan Peti Kemas Yakni Kapal Dengan Ukuran 30.000 DWT Dengan Draftmaksimum 12,5 M. Pada Akhir Analisa Ini Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Kedalaman Minimum Ajur Untuk Section 1 (Tanjung Sawo) Adalah 18,579 M Dan Section 4 (Pelabuhan Gresik) 16,649 M. Dengan Kedalaman Yang Ada 20 M Maka Aman Untuk Dilewati Kapal Terbesar (>30000 DWT) Yang Melewati APBS Ini. Pada Section 2 (Kali Mertani) Kedalaman Minimumnya 16,267 M Dan Section 5 (Kali Kamong) Kedalaman Minimumnya 16,267m. Dengan Kedalaman Yang Ada 15m Rnc(Ka Tidak Aman Untuk Dilewati, Kapal Terbesar Hanya Dapat Melewati Section 2 4an 5 Hanya Pada Saat Pasang Saja. Pada Section 3 (Kali Mireng) Kedalamn Minu.Rn-Um Yang Dr!Jitltihkan 16,267 M. Dengan Kedalaman Yang Ada I 0 M Maka Haros Dilakukan Pengenlkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.23 Yud p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:56
Last Modified: 08 Nov 2018 06:56
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/59753

Actions (login required)

View Item View Item