Analisa Karakteristik Traksi Serta Redesign Rasio Transmisi Pada Mobil Mitsubishi Strada Triton GLX

Adwitya Kirana, Nyoman Angga (2019) Analisa Karakteristik Traksi Serta Redesign Rasio Transmisi Pada Mobil Mitsubishi Strada Triton GLX. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111340000061 - Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi otomotif maka pengaplikasian penggunaan kendaraan terhadap berbagai medan jalanpun semakin berkembang. Salah satunya adalah penggunaan kendaraan operasional oleh perusahaan-perusahaan tertentu dalam berbagai proyek. Kendaraan operasional yang digunakan harus memiliki kemampuan untuk melewati berbagai medan seperti tanjakan dan jalan berlumpur dengan lancar. Mitsubishi Strada Triton merupakan salah satu mobil yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Menurut PT. Krama Yuda Tiga Berlian Motor selaku distributor resmi Mitsubishi indonesia penjualan Mitsubishi strada triton selama tahun 2014 hingga 2015 mengalami peningkatan sebanyak 50%, salah satu hal yang menyebabkan peningkatan ini adalah besarnya kebutuhan perusahaan-perusahaan pada bidang pertambangan akan mobil operasional yang memiliki kemampuan untuk melalui berbagai medan. PT Darma Persada membutuhkan sebuah mobil yang dapat melalui medan jalan menanjak hingga 30 derajat dan melalui jalan berlumpur. Mengingat pentingnya kendaraan tersebut bagi PT Darma Persada, maka dirasa perlu melakukan suatu penelitian terkait dengan analisis kerja dari kendaraan tersebut dan dilakukan redesign untuk mencapai hasil yang dinginkan serta meminimalisir losses yang terjadi pada saat perpindahan gigi. Dalam penelitian ini dilakukan tiga tahap Analisa. Tahap pertama, dilakukan analisa perhitungan gaya hambat dan gaya dorong kendaraan sehingga didapatkan karakteristik traksi kendaraan pada kondisi standar. Kemudian pada tahap kedua, dilakukan analisa perhitungan gaya kontak yang terjadi pada keadaan 2WD dan 4WD. Tahap terakhir, dilakukan evaluasi terhadap grafik karakteristik traksi kendaraan pada kondisi standar, kemudian redesign rasio tiap tingkatan transmisi menggunakan teori progresi geometri sehingga kendaraan memiliki kemampuan tanjak terhadap berbagai medan jalan dan kecepatan maksimum yang lebih baik. Dari penelitian ini diperoleh grafik karakteristik traksi untuk kondisi rasio gigi standar yang akan di redesign menggunakan teori progressi geometry untuk meningkatkan kecepatan maksimum, gradability, serta mengurangi losses yang terjadi pada berbagai kondisi jalan. Penelitian ini dilakukan dengan kondisi mobil mode 2WD dan 4WD. Setelah dilakukan analisa kecepatan maksimum sebelum redesign adalah 145km/jam pada tingkat gigi ke 4 dengan tanjakan maksimum yang dapat dilalui adalah 20 derajat. Setelah dilakukan redesign kecepatan maksimum meningkat menjadi 148km/jam pada gigi 5 dengan tanjakan maksimum yang dapat dilalui sebesar 30 derajat. =================================================================================================== Along with otomotive technology development, vehicle application on various road profiles is also developed. One of the application is operational vehicle of certain companies in various projects. The operational vehicle needs to have ability to go through various road profiles, such as ascending and muddy road, without trouble. Mitsubishi Strada Triton is one of the most used vehicle by mining companies. According to PT Krama Yuda Tiga Berlian Motor, as an authorized distributor of Mitsubishi Indonesia, Mitsubishi Strada Triton sales from 2014 to 2015 has been increased as much as 50%. One of the sales increased reason is the high needs of mining companies of operational vehicle that able to go through various road profiles. PT Darma Persada needs a vehicle that able to go through 30 degree ascending and muddy road. According to that, a research about vehicle work analysis and redesign to obtain desired result and minimum losses while transmission shifting is needed to be done. There are three steps in this research. First step is calculation analysis of vehicle drag force and thrust force to obtain vehicle traction characteristic in standard condition. Second step is calculation analysis of contact force in 2WD and 4WD condition. The last step is evaluation of vehicle traction characteristic graphic in standard condition, then redesign of ratio in every transmission level using progression geometry theory to obtain vehicle ability to ascend in various road profile and the best maximum velocity. This research obtains traction characteristic graphic of standard condition transmission ratio that will be redesigned using progression geometry theory to increase maximum velocity, gradability, and decrease losses in various road profile. This research is done in 2WD mode and 4WD mode conditions. Maximum velocity that has been analized before redesign is 145 km/hour in transmission level of 4 with maximum rise of 20 degree. After redesign has been done, the maximum velocity is 148 km/hour in transmission level of 5 with maximum rise of 30 degree.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Kir a-1 2018
Uncontrolled Keywords: karakteristik traksi, triton, progressi geometri, redesign, 2WD, 4WD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nyoman Angga Adwitya Kirana
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:25
Last Modified: 12 Jan 2022 04:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61430

Actions (login required)

View Item View Item