Perancangan Film Pendek Bertema Wisata Dengan Pendekatan Storytelling Sebagai Media Promosi Pulau Bawean

Prasetyo, Dwi (2017) Perancangan Film Pendek Bertema Wisata Dengan Pendekatan Storytelling Sebagai Media Promosi Pulau Bawean. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100076-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (53MB) | Preview

Abstract

Bawean merupakan pulau yang berada di utara Pulau Jawa yang memiliki beragam pilihan objek wisata dengan keunggulan masing - masing yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun lokal. Pulau Bawean dituntut untuk siap dalam berbagai aspek baik internal maupun eksternal salah satunya adalah promosi. Namun selama ini menurut dinas pariwisata sebagai penanggung jawab, upaya promosi yang dilakukan terhadap Pulau Bawean masih mengandalkan media konvensional dan tidak berjalan efektif. Hal ini mengakibatkan belum banyak yang mengetahui. Pulau Bawean membutuhkan media promosi yang dapat menggambarkan keindahan objek wisatanya secara nyata dalam hal ini adalah film. Sehingga diharapkan dapat berjalan efektif, dan dapat menarik wisatawan. Metode penelitian yang digunakan pada tahap pengumpulan data diantaranya melakukan penggalian data melalui observasi langsung, kuisoner dan wawancara dengan stakeholder. Selanjutnya adalah menganalisa beberapa video dan film yang bertema promosi sebagai studi eksisting. Tahap selanjutnya, yaitu pengolahan data dimana nantinya akan dikaji dan dianalisa sehingga menjadi beberapa solusi penyelesaian dari masalah dalam perancangan ini. Hasil akhir dari proses perancangan ini berupa film pendek bertema wisata dengan konsep Discover the Hidden Paradise yang menggambarkan Bawean sebagai pulau putri dapat memberikan image positif tentang keindahan pulau Bawean dan dalam pengembangannya dapat ditambahkan objek-objek wisata lain yang dapat dijadikan konten dalam sebuah film. ========== Bawean is an island in the northern island of Java, which has a wide selection of attractions with the advantages of each - each is the main attraction of local and foreign tourists. Bawean expected to be ready in the various aspects of both internal and external one is promotion. But so far by the tourism department in charge, the promotional efforts made to Bawean still rely on conventional media and ineffective. This resulted in not many people know. Bawean requires a media campaign to portray the beauty of the tourist objects are real in this case is the film. Which is expected to be effective, and can attract tourists. The method used in the data collection phase include excavation data through direct observation, questionnaires and interviews with stakeholders. Next is to analyze multiple video and movie-themed promotions as existing studies. The next stage, namely the processing of data which will be studied and analyzed to be some settlement solution of the problem in this design. The end result of this design process in the form of a short film with the concept of travel themed Discover the Hidden Paradise depicting Bawean as the island princess can give a positive image of the beauty of the island and in its development Bawean objects can be added other attractions that can be used as content in a film.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 778.59 Pra p
Uncontrolled Keywords: Bawean, Promotion, Movies, Stories, Promosi, Film, Cerita
Subjects: T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:51
Last Modified: 05 Mar 2019 02:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62434

Actions (login required)

View Item View Item